Merukyat Gerhana

Merukyat Gerhana
gerhana matahari

Ijtima’ bulan Syawal kali ini jatuh pada Kamis 20 April 2023 pukul 11:13 WIB. Karena sudah 29 Ramadan, Kamis sore itulah rukyatul hilal dilakukan. Adaikata pengamatan dipersiapkan baik dan cuaca mendukung, keterlihatan hilal tinggal tergantung faktor A. Jadi hisab ini hanya akan menentukan tempat mana hilal jaiz dan mana mustahil terlihat. Tidak menentukan mana hilal wajib terlihat, karena masih ada faktor B dan C.

Persoalannya, wilayah jaiz inipun ikhtilaf kriterianya. Dulu Indonesia pakai kriteria 238 (2 derajat tinggi, 3 derajat elongasi, 8 jam umur bulan). Sebenarnya kriteria ini kurang ilmiah, karena mengandalkan klaim kesaksian masa lalu, ketika ada hilal syari (disahkan hakim) saat tingginya baru 2 derajat. Sekarang yang diadopsi 364 (3 derajat tinggi dan 6,4 derajat elongasi). Kriteria ini lebih ilmiah, karena mempertimbangkan kontras cahaya bulan yang lemah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Karena kali ini masih di bawah 3 derajat, maka klaim keterlihatan hilal kemungkinan akan ditolak, dan sidang itsbat akan memutuskan lebaran Sabtu. Sedang Muhammadiyah memang dari awal hanya memakai hisab wujudul hilal, jadi sudah memutuskan lebaran Jum’at.

Itsbat lokal (matla) ini secara fiqih sesuai madzhab Syafii. Dulu berabad-abad, karena [masalah] telekomunikasi, semua rukyat praktis lokal. Walaupun tiga madzhab besar yang lain tidak membatasi matla, namun cakupannya baru menjangkau satu wilayah kekuasaan hukum, belum seluruh dunia. Untuk seluruh dunia masih ada persoalan 24 zona waktu, yang di ujungnya tetap akan berbeda hari, sekalipun melihat matahari di sore yang sama.

Namun untuk setengah dunia di Timur Atlantik, ketika hisab lokal Indonesia masih di wilayah mustahil, sedang di Timur Tengah di wilayah jaiz, akan ada kemungkinan penganut rukyat yang mengikuti hasil rukyat Timur Tengah. Walhasil yang berlebaran Jum’at akan lebih banyak dari sekedar pengikut Muhammadiyah.

Kedaulatan Rakyat, 18 April 2023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *