10 Mitos Tentang Gula Darah, Anda Tidak Perlu Percaya Satu Pun

10 Mitos Gula Darah
diabetes

6. Diabetes akan membuat buta

Informasi yang benar adalah bahwa diabetes yang tidak diobati akan membuat buta. Diabetes, jika diobati secara teratur, tidak akan memengaruhi penglihatan seseorang.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Alasan mengapa diabetes merusak penglihatan seseorang adalah karena gula darah tinggi, pembuluh darah kecil yang membawa darah ke mata rusak. Ini mengganggu penglihatan mata. Ini disebut retinopati diabetik. Jika diabetes tetap terkendali, efek samping dari penyakit ini cenderung tidak terjadi.

7. Diabetes dapat menular​

Meskipun prevalensi mitos ini rendah, sayangnya ini masih ada. Diabetes adalah penyakit tidak menular dan tidak dapat tertular diabetes dari orang lain. Seseorang hanya bisa terkena diabetes jika faktor risiko penyakit tersebut ada di tubuh.

8. Tidak memiliki riwayat keluarga diabetes, tidak akan terkena diabetes

Meskipun benar bahwa memiliki riwayat keluarga dengan diabetes meningkatkan risiko diabetes, tidak benar bahwa tidak memiliki riwayat keluarga dapat melindungi seseorang. Riwayat keluarga merupakan salah satu dari beberapa faktor risiko diabetes. Ada beberapa kasus di mana seseorang mengidap diabetes karena kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat dan bukan karena orang tua atau saudara kandungnya menderita diabetes.

9. Mengonsumsi insulin berarti diabetes tidak terkendali lagi

Pengobatan selalu dikaitkan dengan faktor ketakutan. Sama halnya dengan diabetes. Ketika seseorang direkomendasikan untuk menggunakan insulin, mereka menganggap diabetesnya tidak terkendali dan berada dalam tahap yang serius.

Satu-satunya tujuan merekomendasikan insulin adalah karena tubuh tidak lagi memproduksi hormon ini, maka perlu meminumnya untuk menjaga agar gula darah tetap terkendali.

10. Diabetes sudah turun, tidak perlu khawatir

Baik itu diabetes atau prediabetes, seseorang tidak boleh mengabaikan peningkatan kadar gula darah. Diabetes sebagian besar merupakan penyakit progresif dan risiko terkena penyakit ini selalu tinggi.

Kadang-kadang bahkan tanpa menunjukkan gejala yang signifikan, tingkat diabetes meningkat dengan cepat. Karenanya, begitu seseorang terdeteksi menderita diabetes jangan mengabaikannya, dan bekerja keras lah untuk menurunkannya.