NASA Mendeteksi Adanya Siulan Menakutkan dari Luar Angkasa

NASA Mendeteksi Adanya Siulan Menakutkan dari Luar Angkasa
THEMIS

“Mengubah data menjadi suara membantu memudahkan orang menemukan ketidakteraturan dalam pola. Indra pendengaran manusia adalah alat yang luar biasa,” Martin Archer, seorang ahli magnetosfer di Imperial College London dan anggota tim HARP. “Kita pada dasarnya dilatih sejak lahir untuk mengenali pola dan memilih sumber suara yang berbeda. Kita dapat melakukan beberapa analisis yang cukup luar biasa, yang mengungguli bahkan beberapa algoritme komputer tercanggih.”

Tim telah membuat penemuan mengejutkan dari pendeteksian suara awal mereka, yang berisi pola yang bertentangan dengan apa yang mereka prediksi sebelumnya. Mereka menamai suara tak terduga iitu sebagai ‘kecapi terbalik’. Kemudian, mempelajari gangguan yang menarik secara lebih mendalam di masa mendatang. Mereka berharap proyek ini akan mengungkap lebih banyak penemuan tak terduga dalam waktu dekat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

HARP memiliki potensi untuk menemukan hal-hal yang tidak kami duga, yang sangat menarik,” kata Archer.

Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan merekam suara dari magnetosfer. Pada 17 Februari, semburan matahari kelas X, kelas paling kuat yang bisa dihasilkan matahari, menghantam Bumi, menyebabkan pemadaman radio yang meluas. Astronom radio amatir dan ilmuwan, Thomas Ashcraf, yang berbasis di New Mexico, berhasil mengabadikan rekaman audio yang langka dari suar yang bertabrakan dengan Bumi. Tapi tidak seperti suara HARP baru yang trippy, rekaman ini terdengar seperti statis yang agresif.

Sumber: republika