Kultum 96: Seluruh Bagian Tubuh Ini Akan Bersaksi di Hari Perhitungan

Tubuh Ini Akan Bersaksi di Hari Perhitungan
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Bahkan dalam ayat yang lain juga dijelaskan, bahwa lidah, tangan, dan kaki juga akan menjadi saksi masing-masing manusia. Allah berfirman,

يَوۡمَ تَشۡهَدُ عَلَيۡهِمۡ أَلۡسِنَتُهُمۡ وَأَيۡدِيهِمۡ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَأَرۡجُلُهُم بِمَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ

Artinya:

Pada hari, (ketika saat itu) lidah, tangan dan juga kaki mereka pun menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan (QS. An-Nuur, ayat 24).

Jadi, lidah, tangan dan kaki manusia juga akan masing-masing bersaksi atas apa yang telah dirinya perbuat ketika masih hidup di dunia. Bahkan kulit manusia juga ikut menjadi saksi, sebagaimana firman Allah,

حَتَّىٰٓ إِذَا مَا جَآءُوهَا شَهِدَ عَلَيۡهِمۡ سَمۡعُهُمۡ

وَأَبۡصَٰرُهُمۡ وَجُلُودُهُم بِمَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ

Artinya:

Sehingga apabila mereka telah sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan, dan kulit mereka akan menjadi saksi terhadap apa yg telah mereka lakukan (QS. Fussilat, ayat 20).

Sementara itu, sebagaimana yang sudah sering kita dengar dari surat Ya-Sin, di hari perhitungan nanti mulut kita akan dikunci, dan tangan kita akan berbicara, serta kaki kita akan menjadi saksi, sebagaimana firman Allah,

ٱلۡيَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلَىٰٓ أَفۡوَٰهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَآ أَيۡدِيهِمۡ

وَتَشۡهَدُ أَرۡجُلُهُم بِمَا كَانُواْ يَكۡسِبُونَ

Artinya:

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan tangan-tangan mereka akan berkata kepada Kami, dan kaki mereka memberi kesaksian terhadap apa yang dahulunya mereka kerjakan (QS. Ya-Sin, ayat 65).

Senada dengan itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, bersabda,

فَيُخْتَمُ عَلَى فِيْهِ وَيُقَالُ لِفَخِذِهِ وَلَحْمِهِ

وَعِظَامِهِ: انْطِقِيْ. فَتَنْطِقُ فَخِذُهُ

وَلَحْمُهُ وَعِظَامُهُ بِعَمَلِهِ

Artinya:

Maka ditutuplah mulutnya dan diperintahkan kepada pahanya, dagingnya, dan tulangnya, “Berbicaralah!”. Lalu berbicaralah pahanya, daging dan tulangnya yang mengabarkan tentang amalannya (HR. Muslim no. 2968, dari Abu Hurairah).

Imam Ibnu Katsir (dalam tafsirnya) mengatakan, “Ini adalah keadaannya orang-orang kafir dan munafik di hari Kiamat. Ketika mereka mengingkari kejahatan (dosa) yang telah mereka lakukan di dunia, dan merekapun bersumpah atas apa yg mereka lakukan”. Mungkin lantas bertanya, “jadi apa untungnya kita didahulukan?”

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk selalu bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berIslam dan beriman, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                   

—ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *