Ini Survei Capres 2024 Terbaru Mei, Elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies, Kejutan Cawapres Mahfud MD

Hajinews.id — Berikut ini hasil survei terbaru Mei 2023 terkait elektabilitas ketiga capres yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Charta Politika Indonesia menggelar survei pada 2-7 Mei 2023  untuk mengetahui elektabilitas capres dan cawapres di Pipres 2023, siapa di antara Ganjar, Prabowo dan Anies yang elektabilitasnya tertinggi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Selain menyoroti elektabilitas capres, Ganjar, Prabowo dan Anies, ada kejutan tokoh yang muncul di dalam survei yakni Mahfud MD.

Masuknya nama Mahfud MD dalam survei capres cawapres 2023 terbaru ini menjadi kejutan lantaran namanya langsung masuk ke Top 3.

 

Capres Elektabilitas Tertinggi

Elektabilitas teratas calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, versi survei Charta Politika.

Dikutip TribunKaltim.co dari Tribunnews.com di artikel berjudul Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Ada di Posisi Teratas Nama Capres Dipilih, Elektabilitas Naik, setelahnya, diikuti oleh Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Hal ini diketahui dari rilis hasil survei nasional Dinamika Elektoral Pasca Isu Piala Dunia U-20 dan Deklarasi Batu Tulis yang dilakukan oleh Charta Politika Indonesia pada 2-7 Mei 2023.

Sebelumnya, disajikan pilihan semulasi nama capres terlebih dahulu sebanyak 10 nama yang akan dipilih.

Nama-nama tersebut adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus H Yudhoyono, Airlangga Hartarto, Khofifah Parawansa, dan Puan Maharani.

Dari 10 nama tersebut, tercatat Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi sebanyak 34,6 persen dan terendah adalah Puan Maharani dengan 0,4 persen.

Kemudian, pada simulasi tiga nama capres, Ganjar Pranowo masih menempati posisi teratas dengan elektabilitas 38,2 persen.

Selanjutnya, disusul oleh Prabowo Subianto dengan 31,1 persen dan Anies Baswedan dengan 23,6 persen.

Dalam survei ini, elektabilitas Ganjar Pranowo diketahui mengalami peningkatan setelah sempat mengalami penurunan pada April lalu.

Sementara itu, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan cenderung mengalami penurunan.

Elektabilitas Mahfud MD Melonjak

Lembaga survei Charta Politika Indonesia mengungkapkan temuan mengagetkan, di mana Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD masuk ke dalam daftar papan atas calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi.

Mahfud MDberada di posisi ketiga dengan elektabilitas cawapres tertinggi.

Sementara nomor urut pertama dan kedua diisi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Adapun pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini diperkirakan kurang lebih 2,82 persen.

Pada kesempatan ini, Charta Politika melakukan wawancara terhadap para responden melalui tatap muka.

Survei dilakukan pada 2-7 Mei 2023.

Awalnya, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, Sandiaga Uno berada di peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 19,8 persen.

 Yunarto mengungkapkan, sebenarnya posisi Sandiaga dan Ridwan Kamil seimbang lantaran memiliki perbedaan elektabilitas yang tidak jauh.

“Nomor satu ada Sandiaga Uno di angka 19,8 persen. Saya pikir ini dikarenakan investasi elektoral yang sudah dimiliki Sandi pada pemilu sebelumnya,” ujar Yunarto dalam jumpa pers virtual, Senin (15/5/2023).

“Diikuti Ridwan Kamil yang bisa dikatakan berimbang, 18,4 persen, masih dalam margin of error.

Dua nama ini memang sudah bersaing selama enam bulan terakhir,” katanya lagi.

Yunarto lantas menyebut, yang mengagetkan adalah sosok di nomor tiga, yakni Mahfud MD.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *