Gula Darah Bisa Turun, Berikut 10 Buah dan Sayur Untuk Penderita Diabetes

Buah dan Sayur Untuk Penderita Diabetes
Jeruk dan Brokoli

Hajinews.id – Bagi penderita diabetes, gula darah tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah seperti peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kehilangan penglihatan. Dan jika Anda menderita pradiabetes, Anda harus memantau kadar gula Anda.

Mengurangi konsumsi makanan manis berperan penting dalam mengontrol gula dalam tubuh. Namun, Anda tidak harus melepaskan semua makanan manis untuk menjaga kadar gula tetap rendah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Buah-buahan tertentu bisa menjadi pilihan yang sangat berguna. Tidak ada buah yang benar-benar menurunkan gula darah (karena buah juga mengandung gula). Tetapi beberapa opsi lebih baik dari yang lain.

Berikut 10 buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah tetap rendah Bagi penderita diabetes, seperti dilansir dari Eat This Not That dan Healthline:

1. Blackberry

Blackberry memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah yaitu 25. Tidak akrab dengan indeks glikemik? Ini adalah skala yang mengukur seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan gula darah.

Menurut Mayo Clinic, makanan dengan skor 1 hingga 55 adalah GI rendah, makanan yang berada di peringkat antara 56 dan 69 adalah GI sedang, dan 70-plus adalah GI tinggi.
Skor rendah blackberry berarti mereka tidak akan meningkatkan gula darah sebanyak buah GI tinggi seperti mangga atau anggur.

Selain angka glikemik yang rendah, blackberry sarat dengan serat. Penelitian menunjukkan diet tinggi serat dapat memerangi resistensi insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

2. Jeruk

Anda tidak sendirian jika Anda yakin jeruk tidak boleh dikonsumsi untuk menurunkan gula darah. Meskipun jus jeruk pasti dapat mengirim glukosa darah setinggi langit, jeruk utuh merupakan cerita lain.

Skor indeks glikemik jeruk utuh yang tepat telah diperdebatkan, tergantung pada varietasnya, tetapi termasuk dalam kategori rendah antara sekitar 33 dan 52. Dan dengan vitamin C anti-inflamasi dan banyak antioksidan lainnya, ditambah serat yang cukup, mereka adalah anugerah bagi gula darah.

3. Apel

Apel memiliki banyak manfaat untuk gula darah. Selain kandungan seratnya yang besar dan skor GI yang rendah, apel kaya akan polifenol—alias senyawa antioksidan yang dapat membantu merampingkan kadar gula darah.

Menurut ulasan tahun 2016 di jurnal Nutrients, polifenol dapat membantu merangsang produksi insulin dan menjaga gula darah agar tidak melonjak atau turun.

4. Tomat

Tomat rendah pada skala GI dan rendah karbohidrat, sehingga tidak akan meningkatkan glukosa darah secara signifikan.

Perlu diketahui bahwa saus tomat dan produk tomat lainnya sering menambahkan gula. Pilih tomat mentah untuk memanfaatkan nutrisi dan antioksidan paling banyak.

5. Okra

Okra adalah adalah sumber yang kaya akan senyawa penurun gula darah, seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid.

Di Turki, biji okra telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes karena sifat penurun gula darahnya yang kuat.

Rhamnogalakturonan, polisakarida utama dalam okra, telah diidentifikasi sebagai senyawa antidiabetes yang kuat.

Okra mengandung isoquercitrin flavonoid dan quercetin 3-O-gentiobioside, yang membantu mengurangi gula darah dengan menghambat enzim tertentu.

Meskipun penelitian pada hewan menunjukkan okra memiliki sifat antidiabetes yang kuat, penelitian pada manusia diperlukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *