Viral di Sosmed, Ada ‘Salju’ di Gunung Bromo

salju di Gunung Bromo
salju di Gunung Bromo

Hajinews.id – Pemandangan indah hamparan pasir berselimut salju di Gunung Bromo baru-baru ini viral di Sosmed.

Pengguna TikTok @bromonesia mengunggah video pada Selasa (30/5) yang memperlihatkan fenomena es di Gunung Bromo. Video itu menjadi viral dan ditonton lebih dari 1,9 juta kali.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Bromo Nge Es 30 Mei 2023,” tulis keterangan dalam unggahan video tersebut, dikutip Rabu (31/5). CNNIndonesia.com telah meminta izin untuk mengutip unggahan tersebut.

Fenomena tersebut membuat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tampak seperti diselimuti es berwarna putih mirip salju.

Saat fenomena es itu terjadi, suhu di sekitar Gunung Bromo juga turun drastis hingga mencapai 2 derajat Celsius. Para pengunjung dianjurkan menggunakan jaket tebal.

Fenomena salju di Gunung Bromo memang terjadi hampir setiap tahun dan muncul pada pertengahan tahun. Umumnya, fenomena ini terjadi antara Juli sampai Agustus.

Mengutip berbagai sumber, embun es biasanya terjadi pada pagi hari. Sering kali embun es muncul di kawasan TNBTS yang terletak di ketinggian 500 mdpl ke atas.

Fenomena embun es di Gunung Bromo juga menjadi salah satu tanda masuknya musim kemarau.

TNBTS terletak di empat wilayah administratif, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kawasan Gunung Bromo dikenal memiliki Tengger, sebuah hamparan pasir yang begitu luas hingga mencapai 10 kilometer.

Fenomena embun es yang menyerupai salju di Gunung Bromo ini tentu menambah alasan untuk wisatawan berkunjung ke kawasan TNBTS.

Sumber: cnn

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *