Jokowi Versus Jokowi

Jokowi Versus Jokowi
Jokowi Versus Jokowi

Jokowi mengaku tak ingin penerusnya di kursi kepresidenan kelak justru menghentikan berbagai upaya pembangunan yang saat ini sudah berjalan. “Kepemimpinan itu jangan maju-mundur. Siapa pun yang memimpin harus mengerti apa yang dikerjakan, mikro, makro, situasi global,” kata Jokowi.

Jadi, atas nama janji ‘menuju negara maju’ sesuai versi Kepala Negara (yang belum sepenuhnya ditunaikan), Jokowi boleh cawe-cawe, merasa sah mendikte siapa yang akan menggantikannya tahun depan. Saya kok jadi ingat suasana kebatinan Presiden Soeharto di era Orde Baru, saban menjelang pemilu dulu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pak Harto selalu mengatakan bahwa demi keberlangsungan pembangunan, demi suksesnya Repelita, demi stabilitas politik yang terjaga, Orde Baru harus selalu tegak. Demi klaim itu semua, Pak Harto pun rela ikut cawe-cawe memenangkan Golkar dengan persentase kemenangan yang sudah ditentukan (biasanya menang 70%).

Apakah klaim demi meneruskan pembangunan era Orde Baru itu telah sejalan dengan amanat hati nurani rakyat, bukan hal utama. Yang penting kekuasaan harus tetap digenggam. Yang pasti, semua kroni harus tetap mendapat asupan gizi. Itulah yang akhirnya dikoreksi oleh gerakan reformasi.

Begitu juga situasi hari ini, saat Presiden yang juga Kepala Negara terus-menerus ikut cawe-cawe soal siapa yang mesti menggantikannya pada Pilpres 2024. Banyak yang mulai mengkritik, baik secara institusi maupun perorangan. Mereka dulu penyokong dan pendukung Jokowi. Para pengkritik umumnya menyebutkan konstitusi kita mengamanatkan bahwa kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat.

Kedaulatan itu dilaksanakan berdasarkan undang-undang, termasuk ketika memilih presiden dan wakil presiden yang merupakan orang-orang yang dicalonkan parpol atau gabungan parpol. Jadi, bukan calon yang disarankan, direkomendasikan, dibisikkan, apalagi distigma sebagai anjuran.

Pada akhirnya, kita tinggal menunggu, apakah akan ada lagi perintah dari anggota tubuh pemberi perintah untuk kembali ke jalur konstitusi? Apakah akan ada lagi episode Jokowi versus Jokowi lagi? Seperti petikan syair lagu Rhoma Irama berjudul Kegagalan Cinta: ‘Kau yang mulai, kau yang mengakhiri’.

Sumber: mediaindonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *