Kultum 132: Sedekah Itu Sungguh Luar Biasa

Sedekah Itu Sungguh Luar Biasa
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Yang tak kalah luar biasa, Allah berjanji bahwa setiap kebaikan meskipun hanya sebesar biji dzarah akan dibalas oleh Allah. Jika biasanya kebaikan itu akan dibalas dengan satu kebaikan, maka ternyata sedekah akan dibalas Allah dengan kebaikan dan pahala yang berlipat-lipat. Allah berfirman,

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, akan dilipat-gandakan ganjaran kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak (QS. Al-Hadid, ayat 18).

Lebih dari semua itu, tentulah tetiap dari kita menginginkan surga, hidup kekal di dalamnya dengan segala berkah dan keberuntungan. Namun, kita juga tahu bahwa banyak halangan untuk menuju surga ini. Sebaliknya, banyak sekali cara dan celah yang bisa kita ambil untuk bisa masuk dengan mudah. Salah satu cara yang mudah adalah dengan bersedakah.

Rasulullah bersabda, “Orang yang memberikan dan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027).

Dari semua itu, masih ada lagi balasan bagi orang yang bersedekah, yaitu menghilangkan keburukan pelakunya. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri” (HR. Thabrani). Semoga Allah melindungi dan memudahkan kita untuk bersedekah, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                 

   —ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *