Cara Mengetahui Keaslian Air Zamzam, Janganlah Tertipu Dengan Yang Palsu!

Mengetahui Keaslian Air Zamzam
Mengetahui Keaslian Air Zamzam
banner 400x400

4. Harganya cenderung mahal

Air zamzam yang asli, cenderung dijual lebih mahal meskipun ada juga penjual yang kasih harga mahal namun palsu. Harga pasaran air zamzam yaitu sekitar Rp400.000 – Rp500.000 untuk 5 liter.

Bagi air zamzam palsu, biasanya akan dijual dengan harga kisaran Rp150.000 – Rp200.000. Memang beda jauh harganya, sehingga jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

5. Lihat penjual dan kemasan air zamzam

Seperti yang diketahui, air zamzam berasal dari Arab Saudi yang berar kemasannya sudah pasti bertuliskan Bahasa Arab. Tak hanya itu, kemasan dari kardusnya pun ditempel dengan boarding pass bandara.

Berbeda dengan penjual air zamzam palsu, biasanya bertujuan untuk menawarkan air zamzam entah darimana dan tidak diketahui identitas asalnya. Biasanya, para penjual air zamzam tersebut akan sungkan menjelaskan saat konsumen mulai bertanya sangat mendalam terkait produk yang mereka tawarkan.

6. Cek TDS air

Bagi pembeli yang memang membutuhkan air zamzam asli dan penasaran banget dengan keasliannya, maka bisa mengujinya menggunakan alat TDS meter. TDS merupakan singkatan dari Total Dissolve Solid, yang berfungsi untuk menguji kepadatan zat terlarut.

Satuan yang digunakan adalah PPM (part per million). Air murni memiliki 1-10 PPM sementara 10-100 PPM adalah Air Minum. Sedangkan bagi air yang lebih dari 100 PPM berarti air yang bermineral.

Sementara air zamzam yang asli, penguji akan menemukan angka 500 PPM pada alat TDS meter. Angka tersebut memang sangat tinggi, karena Air zamzam memiliki kandungan mineral yang tinggi. Untuk mendapatkan alat TDS sendiri, bisa coba dibeli di toko online.

Itulah informasi lengkap mengenai cara mengetahui keaslian air zamzam. Bagi yang ingin beli, jangan sampai tertipu dengan penjual air zamzam yang palsu.