18 Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Ketahui, Gejala dan Pengobatannya

Kanker Otak
Kanker Otak
banner 400x400

Hajinews.id – Faktor penyebab tumor otak terkait dengan radiasi, polusi, obesitas dan konsumsi makanan dan minuman tertentu. Tumor otak adalah penyakit di mana tumor ganas hadir di sel-sel otak dan tekanan diberikan pada jaringan di sekitarnya. Pasien tumor otak sering mengalami sakit kepala, mual dan gangguan keseimbangan.

Memahami dan menghindari penyebab kanker otak adalah cara yang tepat untuk mencegahnya. Ingatlah bahwa kanker otak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh. Tumor otak tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Bahkan setelah pengangkatan, tumor otak ganas dapat tumbuh kembali dalam beberapa kasus.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan dan minuman tertentu menyebabkan kanker otak. Oleh karena itu, pola makan yang sehat adalah kunci untuk menghindari sel kanker. Selain beberapa pemicu tersebut, penyebab tumor otak juga merupakan faktor keturunan atau genetik yang juga harus diperhatikan, karena tidak dapat dicegah.

Menurut Cancer Research UK, genetika diyakini bertanggung jawab atas sebagian kecil tumor otak. Berikut ini akan kami ulas lebih detail mengenai penyebab tumor otak yang wajib diketahui dari berbagai sumber.

Penyebab Kanker Otak adalah Radiasi

Penyebab kanker otak adalah paparan radiasi pengion. Hal ini terjadi karena radiasi yang terjadi akibat ledakan bom atom atau radiasi nuklir bisa meningkatkan seseorang terkena tumor otak. Orang yang terpapar radiasi dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang lama, baik di kepala maupun bagian tubuh lainnya, lebih berisiko terkena kanker, termasuk kanker otak.

Berkembangnya sel tumor dan kanker akibat paparan radiasi tinggi akan terjadi sekitar 10-15 tahun setelah terpapar. Sementara paparan radiasi dari pemeriksaan radiologi, seperti CT scan dan Rontgen, atau radiasi HP, sejauh ini masih dianggap belum cukup tinggi untuk menyebabkan kanker otak.

Penyebab Kanker Otak adalah Pencermaran Lingkungan

Belum banyak yang menjelaskan penyebab kanker otak adalah pencemaran lingkungan. Akan tetapi paparan bahan kimia tertentu pada jangka waktu panjang diduga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker otak.

Bahan kimia penyebab kanker otak tersebut antara lain adalah pestisida, herbisida (pembasmi gulma), vinil klorida pada produk plastik, timah, dan zat kimia yang terdapat pada karet, bahan bakar, serta tekstil. Ini membuat petani, pekerja kilang minyak, karyawan industri plastik, tekstil, dan karet berisiko terkena kanker otak.

Penyebab Kanker Otak adalah Konsumsi Daging Merah

Tak cuma pencemaran lingkungan, konsumsi makanan tertentu seperti daging merah pun termasuk penyebab kanker otak. Asupan daging merah berkaitan dengan peningkatan risiko kejadian tumor otak glioma. Meskipun beberapa penelitian masih menyimpulkan hasil yang saling bertentangan, penyebab kanker otak ini wajib diwaspadai. Selain diduga memicu kanker, asupan daging merah yang terlalu tinggi berhubungan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Penyebab Kanker Otak adalah HIV dan AIDS

Orang-orang dengan HIV atau AIDS (ODHA) punya risiko mengembangkan jenis tumor kanker yang disebut dengan limfoma SSP. Penderita ODHA cenderung akan mengalami pelemahan dalam sistem kekebalan tubuh, ini yang menjadi penyebab kanker otak.

Hampir semua kasus limfoma SSP, ditemukan virus yang disebut virus Epstein-Barr. Akan tetapi, obat-obatan anti-retroviral yang selama ini membantu memperlambat perkembangan HIV dipercaya mampu menurunkan risiko pengembangan efek neurologis HIV/AIDS, seperti limfoma SSP.

Penyebab Kanker Otak adalah Faktor Genetik

Cancer Research UK menjelaskan genetika dianggap bertanggung jawab atas sebagian kecil kasus tumor otak yang terjadi. Jika anggota keluarga dekat (orang tua atau saudara kandung) memiliki tumor pada sistem saraf pusat, maka ini bisa menjadi penyebab kanker otak bagi anggota keluarga yang lain.

Penyebab kanker otak ini tidak bisa dicegah karena merupakan kondisi genetik. Meski penyebab kanker otak ini jarang terjadi, orang-orang dengan kondisi genetik berikut memiliki risiko lebih tinggi menderita tumor otak:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *