18 Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Ketahui, Gejala dan Pengobatannya

Kanker Otak
Kanker Otak
banner 400x400

Penyebab Kanker Otak adalah Kebiasaan Merokok

Orang yang biasa merokok memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker otak. Hal ini lantaran bahan kimia seperti nikotin yang terdapat dalan rokok dapat menjadi penyebab kanker otak. Zat tersebut merusak sel-sel dalam tubuh sehingga menjadi salah satu penyebab kanker otak yang mematikan.

Penyebab Kanker Otak adalah Produk Susu

Produk susu berhubungan dengan terjadinya glioma. Akan tetapi, penelitian lanjutan penyebab kanker otak ini masih diperlukan untuk memastikan hubungan antara asupan susu dengan kejadian kanker otak.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan jantung, hindari minum susu full cream secara berlebihan. Pilihlah susu rendah lemak untuk mendapatkan manfaat susu dengan kandungan lemak yang lebih sedikit.

Penyebab Kanker Otak adalah Konsumsi Telur

Siapa yang menduga bahwa konsumsi telur adalah penyebab kanker otak. Bila Anda salah satu penggemar telur, Anda perlu berhati-hati. Asupan telur ternyata berhubungan dengan kejadian kanker otak jenis glioma.

Sayangnya, pada penelitian yang menyebutkan penyebab kanker otak tersebut tidak dijelaskan secara rinci jumlah asupan telur yang dapat meningkatkan risiko terjadinya glioma.

Akan tetapi, sebagai aturan umum, asupan telur sebanyak 2-3 sehari terbilang aman untuk kesehatan Anda. Jadi, sebisa mungkin batasi konsumsi telur harian Anda.

Penyebab Kanker Otak adalah Obesitas

Obesitas adalah penyebab kanker otak selanjutnya. Biasanya orang dalam kondisi ini, mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang melebihi angka 30. Kondisi ini merupakan hal yang cukup sepele, tetapi jika diabaikan begitu bisa berakibat fatal yaitu terkena kanker otak.

Sehingga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan berat badan yang ideal dengan baik agar kondisi tersebut tidak menjadi penyebab kanker otak. Hindari kebiasaan makan berlebihan, sehingga berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Penyebab Kanker Otak adalah Konsumsi Buah Citrus

Salah satu yang menarik adalah asupan buah citrus (lemon, jeruk) dapat menjadi penyebab kanker otak. Buah-buahan tersebut disebut-sebut berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya glioma dan astrositoma.

Penelitian yang menjelaskan mengenai penyebab kanker otak tersebut bertentangan dengan penelitian lain yang menyatakan bahwa buah citrus baik untuk aliran darah ke otak.

Sampai bukti lanjutan penyebab kanker otak ditemukan, konsumsilah buah secara bergantian setiap hari, jangan terfokus pada satu jenis buah saja. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat optimal dari berbagai buah yang ada.

Penyebab Kanker Otak adalah Tepung Putih

Tepung putih adalah penyebab kanker otak yang selama ini kerap disepelekan. Tepung putih merupakan tepung yang warnanya sudah dimurnikan. Itu artinya semua nilai gizinya sudah tak ada lagi. Padahal, warna asli tepung yakni kream sesuai warna gandum.

Untuk menarik perhatian konsumen, warnanya diputihkan dengan gas klorin. Indeks glikemik untuk tepung putih sangat tinggi. Ini berarti mereka dapat meningkatkan kadar insulin tanpa nutrisi.

Karbohidrat diubah menjadi gula oleh tubuh, sehingga produk berlebih yang mengandung tepung putih dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin. Gula sederhana (seperti karbohidrat olahan) adalah sumber bahan bakar yang lebih disukai untuk kanker.

Penyebab Kanker Otak adalah Minuman Bersoda dan Alkohol

Kalau Anda merupakan orang yang suka minum minuman bersoda sebaiknya mulai menguranginya. Soda memiliki dampak buruk bagi kesehatan atau disebut sebagai penyebab kanker otak. Soda memberikan nilai gizi nol dan mencuri nutrisi dari tubuh.

Soda telah menjadi pusat perdebatan kesehatan selama dua dekade sebagai penyebab utama kanker. Dipenuhi dengan sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS), pewarna, dan sejumlah bahan kimia lainnya.

Tak cuma soda tetapi alkohol. Konsumsi alkohol berhubungan dengan timbulnya beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, kanker nasofaring, kanker esofagus, kanker payudara, hingga kanker otak. Risiko kanker akan meningkat apabila dosis alkohol yang dikonsumsi berlebihan, apalagi disertai konsumsi tembakau.

Gejala Kanker Otak

1. Perubahan mood

Gejala kanker otak yang wajib diketahui yang pertama adalah suasana hati bisa berubah-ubah karena kondisi otak yang tidak terkendali dan sakit. Ini karena otak bagian depan yang disebut frontal lobe, yang mengendalikan kepribadian dan emosi mengalami gangguan dan mengubahmu jadi orang lain, entah secara sikap atau sifat.

2. Kehilangan kendali otot dan ceroboh

Karena otak mengendalikan gerakan dan kekuatan tangan serta seluruh badan, ada kalanya kamu jadi mati rasa dan kehilangan kendali, entah itu menjatuhkan gelas yang kamu pegang, atau kaki tiba-tiba terbentur padahal kamu tahu di depan ada meja dan berniat menghindarinya.

3. Bingung dan pikiran kabur

Ketika kamu terlalu lelah, kurang tidur, kadar gula darah turun dan banyak kegiatan, ada kalanya kamu jadi tidak fokus dan bingung, bahkan pikiran jadi blank. Tapi jika kamu tidak mengalami ketiganya dan mengalami kebingungan, mudah lupa dan pikiran kabur, segera periksakan.

4. Masalah penglihatan

Dengan sel tumor di otak, kemungkinan besar saraf mata di dalam otak juga terganggu dan mengalami tekanan sehingga kamu mengalami masalah penglihatan seperti kabur, penglihatan dobel, atau bahkan buta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *