Orde Reformasi Yang Tergadai: Fungsionalisasi IT

Fungsionalisasi IT
Fungsionalisasi IT. Foto: pixabay, information technology

Pada era orde baru, jika gubernur Maluku melakukan rapat dengan seluruh camat dan Kades, ada Kades dan Camat di pulau Taliabu harus naik kapal laut sehari ke Luwuk, Sulawesi Tengah. Dari sini, mereka terbang ke Ambon dengan transit di Makassar. Hari ini, dengan IT, gubernur Maluku dapat melakukan rapat secara online dengan seluruh Camat dan Kadesnya.

Pada masa orde baru, putusan kasasi MA terkadang perlu waktu bertahun-tahun. Tahun 2005, KPK menertibkan administrasi MA dengan penerapan sistem IT. Sekarang, putusan kasasi MA, relative lebih cepat. Sayangnya, belum ada 25% K/L yang melaksanakan reformasi birokrasi sehingga KKN semakin gila-gilaan. Bahkan, daya saing global Indonesia, masih rendah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

IT, Integritas, dan Profesional

CCTV di kantor memaksa karyawan tidak melakukan perbuatan tidak senonoh. Jika sudah terbiasa, seseorang di tempat yang tidak ada CCTV pun, akan berlaku jujur. Di jalan raya, tengah malam, tiada orang lain, pengendara tidak melanggar lampu merah. Muslim/Muslimah di tengah hari, bulan Ramadhan, tidak makan maupun minum sekalipun hanya sendirian di kamar. Tadinya dia takut terhadap CCTV, tapi sekarang dia akur terhadap pantauan langsung Allah SWT.

Maknanya, IT dapat mendorong seseorang untuk senantiasa jujur, baik terhadap diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan alam sekitar. Itulah integritas. Orang yang berintegritas dengan sendirinya akan bekerja sesuai keahliannya. Dia mengikuti SOP dan Peraturan Perundang-undangan yang ada. Itulah profesional.

Presiden 2024, kusarankan agar meneladani salah satu kebijakan Malaysia yang memasyarakatkan IT. Pada tahun 1990-an, Pemerintah membenarkan pegawai mengambil uang tabungan pensiunan jika digunakan untuk membeli komputer. Jadi, pemerintah Malaysia ingin, setiap rumah ada komputer. Dengan demikian, setiap warga negara bisa berlaku jujur, kerja keras, dan berkinerja tinggi, baik di rumah maunpun di tempat kerja. Semoga !!! (Depok, 3 Juli 2023).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *