Tidak Perlu Direndam, Ini Adalah Cara Yang Aman, Sehat, dan Bergizi Untuk Mencairkan Daging Beku

Mencairkan Daging Beku
Daging Beku
banner 400x400

Hajinews.id – Tempat penyimpanan daging yang paling tahan lama adalah di dalam freezer. Karena daging dibekukan dengan cara ini, umur simpannya lebih lama, dapat disimpan selama beberapa bulan dan tidak cepat rusak.

Namun, begitu daging dibekukan, butuh waktu lama untuk memprosesnya karena daging beku membutuhkan waktu lama untuk dicairkan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Cara tercepat bagi banyak orang untuk mencairkan daging adalah dengan merendamnya dalam air. Ternyata cara yang digunakan salah.

Mencairkan daging beku tidak boleh dilakukan sembarangan karena rentan terhadap kontaminasi bakteri. Selain itu, jika Anda salah mencerna daging, maka akan mempengaruhi nutrisi protein hewani tersebut.

Mencairkan daging beku secara tidak benar juga merusak kualitasnya. Selain itu, dagingnya menjadi biru kehitaman dan rentan terhadap bakteri sehingga mudah busuk.

Di bawah ini adalah cara mencairkan daging beku tanpa mengurangi gizi pada daging, baik daging sapi maupun ayam

  1. Turunkan daging dari freezer ke chiller

Metode yang paling mudah dan aman untuk defrost daging adalah dengan menurunkan daging dari freezer ke chiller. Tempatkan daging beku pada piring atau wadah kosong, tutup daging dengan menggunakan plastik. Plastik tersebut berfungsi untuk menahan daging dan kotoran tidak jatuh di dalam kulkas.

Butuh waktu sekitar 24 jam untuk mencairkan daging yang masih membeku. Jangan lupa untuk memeriksa secara berkala apakah daging sudah mencair apa belum.

Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh daging, supaya tidak mengontaminasi barang yang lain.

  1. Cairkan daging beku dengan air dingin

Cara yang lebih cepat dari menurunkan ke chiller, adalah dengan merendam menggunakan air dingin.

Masukkan daging beku ke dalam kantong plastik tutup rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

Masukkan air dingin ke dalam mangkuk besar dan rendam plastik berisi daging beku tersebut.

ganti air setiap 30 menit sekali. Buang airnya dan isi kembali dengan air dingin hingga daging mencair tapi daging tetap dalam kondisi dingin dan segar.

Langsung masak daging supaya tidak terkontaminasi bakteri dan daging tetap dalam kondisi segar.

  1. Masukkan dalam microwave

Proses mencairkan daging beku dengan cepat dan praktis adalah dengan menggunakan microwave.

Pada beberapa merek microwave, ada yang dilengkapi dengan fitur defrosting, sehingga bisa digunakan untuk mencairkan daging yang membeku.

Tetapi cara ini tidak dianjurkan untuk sering-sering digunakan, karena proses pencairannya tidak merata. Saat masuk microwave, beberapa sebagian daging bisa matang dan mengering, sementara bagian lainnya masih membeku.

Jangan lupa untuk selalu melihat kondisi daging supaya tidak ada titik panas. Setiap satu menit, tekan tombol pause dan periksa dagingnya. Jika daging terasa hangat, biarkan daging mendingin terlebih dahulu, kemudian lanjutkan proses pencairan daging beku tersebut. Setelah sudah mencair, keluarkan daging dari microwave.

Pada proses mencairkan daging beku dengan microwave jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan microwave, untuk menjaga kualitas daging supaya tidak rusak dan terkontaminasi bakteri.

Mencairkan Daging Beku ala TikTok

Selain ketiga cara di atas, seperti dikutip dari briliofood, sebuah video TikTok dengan akun @periwinkleiph menunjukkan cara mencairkan daging beku tanpa direndam, tanpa alat khusus, tapi daging tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi.

Cara yang dilakukan adalah dengan menyiapkan dua panci. Yang pertama daging ke dalam plastik klip supaya tidak terkontaminasi bakteri.

Lalu letakkan satu panci dalam kondisi terbalik. Kemudian letakkan daging di atas panci terbalik tersebut. Ambil satu panci lain, dan letakkan di atas daging.

Isi panci bagian atas dengan air panas dan tunggu sekitar 10-15 menit. Daging beku akan mencair dan jadi lebih empuk.

Mana cara yang cocok untuk mencairkan daging beku? Silakan dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *