Makan Daun Sukun Merupakan Cara Mudah Menurunkan Asam Urat dan Gula Darah

Makan Daun Sukun
Daun Sukun

Hajinews.id – Siapa yang tidak mengenal daun sukun. Daun sukun sebenarnya memiliki banyak manfaat, di antaranya membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Setidaknya ada 5 manfaat daun sukun seperti yang diulas oleh Kompas.com.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Kadar asam urat yang tinggi meningkatkan risiko kerusakan sendi. Kondisi ini membawa risiko terjadinya peradangan sendi yang dikenal dengan gout atau asam urat.

Asam urat yang tinggi dalam tubuh biasanya merupakan akibat dari konsumsi zat purin yang berlebihan termasuk makanan laut, daging merah, dan jeroan.

Daun sukun mengandung vitamin B1, B2, C, kalsium, fosfor, besi, flavonoid dan beta-sitosterol. Kandungan flavonoid daun sukun mendorong pengurangan asam urat dengan menghambat xantin oksidase, enzim yang mengubah purin menjadi asam urat.

Namun, penderita asam urat sebaiknya tidak hanya mengandalkan rebusan daun sukun. Orang dengan kadar asam urat tinggi harus tetap berpegang pada makanan yang mengandung purin.

2. Menurunkan gula darah

Ekstrak daun sukun telah terbukti memiliki efek antidiabetes dan antihiperglikemik, menurut sebuah artikel di Unila School of Medicine Medula Journal (2017). Konon, daun sukun ampuh mencegah kadar gula darah naik atau melampaui batas normal.

Kandungan flavonoid daun sukun juga dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar HbA1C.

Kadar HbA1C sendiri merupakan indikator keberhasilan pengobatan dalam mendiagnosis pasien diabetes.

3. Melindungi hati

Pada tahun 2010, Pusat Penelitian Kimia LIPI mempelajari manfaat daun sukun terhadap penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan beta-sitosterol daun sukun baik untuk jantung.

Kedua senyawa ini membantu melindungi jantung dari iskemia, atau aliran darah yang tidak mencukupi, yang menyebabkan gagal jantung.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada tahun 2010, Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan manfaat daun sukun sebagai penurun kolesterol.

Keefektifannya berdasarkan uji laboratorium terhadap ekstrak daun sukun pada mencit. Oleh karena itu, flavonoid khas daun ini berperan dalam menghambat penimbunan lemak pada dinding pembuluh aorta sehingga menyebabkan penurunan kadar kolesterol secara signifikan.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Studi tikus dalam Journal of Pharmaceutical Biology (2012) menunjukkan bahwa ekstrak daun sukun dapat bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi.

Namun, manfaat daun sukun ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia.

Cara makan air rebusan daun sukun :

  • Cuci daun sukun dan rebus dengan lima gelas air;
  • Setelah mendidih, tambahkan air lagi dan tunggu hingga mendidih kembali;
  • Keluarkan dan saring air mendidihnya;
  • Tunggu air mendidih menjadi dingin;
  • Makan daun sukun rebus dingin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *