Kisah Cicit Nabi SAW Menggali Kuburannya Sendiri

Sayyidah Nafisa
Sayyidah Nafisa

Dia adalah putri Al Hassan Anwar, putra Zayed bin Hassan bin Ali bin Abi Thalib. Masjid ini terletak di Kairo dan dibangun di atas makam Sayyidah Nafisa.

Masjid ini awalnya dibangun oleh Gubernur Mesir Ubaydullah bin Sirri bin al-Hakam dan telah mengalami beberapa kali renovasi sejak selesai, demikian laporan Sada El Balad pada Rabu, 8 September 2023. Renovasi terakhir akan dilakukan pada tahun 2023 oleh Presiden Abdel Feta el-Sisi dan Sultan Mufadar Saifuddin, Tokoh Masyarakat India Buhra di Mesir.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ada beberapa hal yang menarik dari kisah hidup Sayyidah Nafisa, terutama kegembiraannya memasuki makam untuk beribadah. Sayyidah Sayyidah Nafisa pindah dari Madinah (dahulu Hejaz, sekarang Arab Saudi) ke Kairo pada tahun 809 M dan meninggal pada tahun 824 M. Sayyidah Nafisa menikah dengan Ishaq al Mutamin, putra Imam Jafar al Sadiq.

Menurut beberapa sejarawan, Sayyidah Nafisa menggali kuburnya sendiri karena dia tahu waktunya di bumi akan segera berakhir. Dia akan memasuki kuburan setiap hari untuk beribadah di dalamnya.Sayyidah Nafisa terkenal tidak hanya karena kesalehan dan pengendalian diri, tetapi juga karena ajarannya tentang agama. Sayyidah Nafisa terkenal dengan ajarannya tentang agama, juga kesalehan dan pengendalian diri.Sayyidah Nafisah juga terkenal dengan sifat dermawannya, sering memberikan semua hadiahnya kepada mereka yang membutuhkan dan menyimpan sangat sedikit untuk dirinya sendiri.

Dia meninggal pada bulan Ramadhan tahun 208 Hijriyah. Meskipun suaminya telah merencanakan membawa jenazahnya ke Madinah, orang-orang Mesir menginginkannya dimakamkan di Kairo, dan keinginan mereka dikabulkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan