Cawapres Penentu Pilpres 2024 Bisa Mengacak-acak Koalisi

Cawapres Penentu Pilpres 2024
Cawapres Penentu Pilpres 2024

Penentuan nama Cawapres menjadi krusial dan kini tengah menjadi intrik koalisi pendukung Ganjar Pranowo. PPP selaku koalisi PDIP berusaha keras menjadikan Sandiaga Uno sebagai cawapres pendamping Ganjar. Sementara PDIP mempersilakan PPP cabut dari koalisi jika masih ngotot memaksakan hal itu.

Dilema cawapres ini pula yang diprediksi bakal merundung koalisi besar pendukung Prabowo. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro mengatakan bisa terjadi kebuntuan politik (political deadlock) apabila para ketua umum dalam koalisi ini saling berebut kekuasaan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Karenanya, dibutuhkan jalan tengah atau figur baru yang memiliki akseptabilitas dan elektabilitas yang mumpuni apabila terjadi kebuntuan politik di koalisi ini. Tujuannya agar dapat figur itu dapat diterima oleh semua anggota koalisi.

“Gibran, Khofifah, atau nama lainnya ini, berpotensi untuk dipasangkan karena langsung dihadirkan oleh Presiden Jokowi yang bersandar pada tingkat kepuasan publik yang tinggi atas kinerjanya maupun militansi relawan yang hadir di setiap laku politiknya yang memberi pengaruh signifikan elektoral di tengah pertarungan pilpres 2024 yang kompetitif,” ujar Agung.

Dosen Ilmu Politik FISIP UI dan Direktur Eksekutif Algoritma, Aditya Perdana mengatakan bergabungnya PAN dan Golkar dalam koalisi ini juga makin menguatkan penambahan nama dalam bursa cawapres yang bakal didorong dua partai tersebut.

Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir yang didorong PAN dan Menko Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto atau Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang didorong Golkar.

“Potensi Cawapres Prabowo sebelumnya adalah Gus Imin (PKB) yang sudah bergabung jauh-jauh hari. Ada potensi cawapres di sisi koalisi Prabowo: Gus Imin, ET, AH/RK yang semuanya tentu tidak mudah diputuskan dalam koalisi,” kata Aditya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *