7 Manfaat Salat Tahajud Selama 40 Hari yang Wajib Diketahui Umat Muslim!

Salat Tahajud Selama 40 Hari
Salat Tahajud

Hajinews.idSalat Tahajud 40 hari ke depan yang harus diketahui oleh seluruh umat Islam. Salat ini merupakan bagian dari amalan sunnah yang dianjurkan.

Allah Ta’ala berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebagian malam hari, salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al Isra Ayat 79).

Rasulullah SAW pun disebut kerap melakukan Salat Tahajud semasa hidupnya. Selain menjadi sarana mendekatkan diri pada Allah, Salat ini memiliki berbagai keutamaan.

7 Manfaat Salat Tahajud 40 Hari

Pada dasarnya, tidak ada dalil yang secara spesifik menyebutkan bahwa Salat Tahajud lebih utama dilakukan selama 40 hari berturut-turut. Angka 40 hanya digunakan untuk mewakili anjuran Salat Tahajud secara rutin.

Sementara itu, mengerjakan Salat Tahajud dengan rutin mempunyai banyak fadhilah. Adapun keistimewaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT

Sebagaimana yang telah dijelaskan, Allah menyukai orang-orang yang beribadah padaNya di tengah malam. Maka dengan mengerjakan Salat Tahajud, seorang muslim bisa semakin meningkatkan keimanan pada Allah.

Hal ini pula yang menjadikan orang tersebut akan semakin bertakwa. Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang rutin Salat Tahajud dapat menghindarkan diri dari maksiat karena percaya bahwa Allah selalu memperhatikan hambaNya di manapun berada.

2. Mengerjakan sunnah Rasul

Rasulullah SAW memberi wasiat kepada umat muslim untuk mengerjakan Salat Tahajud. Dengan demikian, orang tersebut dapat semakin mendekatkan diri pada surga Allah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan salatlah di malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.” (HR. Ahmad).

3. Mengerjakan sebaik-baik amalan setelah Salat fardhu

Hukum dari Salat Tahajud adalah sunnah, maka orang yang mengerjakannya akan memperoleh pahala. Di samping itu, Salat Tahajud juga disebut sebagai amalan terbaik setelah Salat fardhu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *