Jadikan Masa Pensiun Menyenangkan Dengan Menjalankan 5 Usaha Ini

usaha sampingan sebelum pensiun
Usaha Beternak lele dan Usaha beternak ayam

Hajinews.id – Pensiun merupakan masa yang membahagiakan bagi seluruh pekerja, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Memang, mereka tidak lagi harus melakukan tugas sehari-hari yang melelahkan dan penuh tekanan.

Namun masa pensiun juga bisa menjadi pemandangan yang menakutkan. Bahkan, meski pensiunan ASN tetap menerima dana pensiun bulanannya, mereka seringkali merasa bosan karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga berdampak pada menurunnya produktivitas dan aktivitas.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Untuk menghindari situasi tersebut, beberapa dari mereka memilih untuk memulai usaha sampingan sebelum pensiun.

Selain bisa menggantikan aktivitas sehari-hari di kantor, usaha sampingan juga menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan di luar masa pensiun.

Secara umum, usaha sampingan yang cocok bagi para pensiunan tidaklah sulit dan menawarkan prospek yang baik. Jadi usaha apa itu? Berikut ulasannya.

1. Bisnis waralaba

Bisnis waralaba atau franchise adalah bisnis yang dijalankan dengan sistem kerja sama antara pemilik merek (franchisor) dengan pihak yang menggunakan merek tersebut (franchisee).

Dengan menjadi franchisee, Anda tidak perlu repot membuat konsep bisnis, produk, atau strategi pemasaran.

Pasalnya, semua hal tersebut sudah disediakan oleh franchisor. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli hak waralaba dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Oleh karena itu, menjalankan bisnis franchise bisa jadi usaha sampingan yang pas untuk Anda yang segera pensiun karena tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Saat ini, terdapat sejumlah franchise yang tengah naik daun, seperti Sabana, Kebab Baba Rafi, Janji Jiwa, Es Teh Indonesia, dan Mixue.

2. Toko kelontong

Membuka toko kelontong adalah salah satu usaha sampingan yang bisa dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan pensiun. Anda juga tak perlu repot untuk menyewa tempat usaha karena bisnis toko kelontong dapat dijalankan di rumah.

Selain itu, usaha tersebut biasanya memiliki pelanggan yang loyal karena menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari sembako, obat-obatan, hingga perlengkapan rumah tangga.

3. Peternakan

Peternakan dapat menjadi salah satu pilihan usaha yang memiliki waktu fleksibel dan pemasukan yang menjanjikan. Usaha peternakan lele, misalnya. Meski Anda tak punya lahan dan banyak modal, Anda tetap bisa beternak lele di area rumah dengan membuat sejumlah kolam terpal berdiameter 1 meter.

Dilansir dari laman pertanian.go.id, ukuran kolam tersebut biasanya dapat digunakan untuk beternak 100 ikan lele. Soal pakan, ikan lele biasanya dapat diberikan asupan pelet minimal 2 kali dalam sehari. Umumnya, harga pelet berkisar mulai dari Rp 8.500 per kilogram (kg).

Jika memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa menjajal sejumlah hewan ternak lain yang lebih potensial, seperti ayam, lebah, kambing, dan sapi.

4. Laundry

Jika tinggal di kawasan padat penduduk, salah satu bisnis yang patut Anda coba jalankan adalah binatu atau laundry. Selain dapat dilakukan dari rumah, Anda juga tak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *