Kultum 208: Ragu Takdir-Nya, Tertundalah Kebaikan-Nya

Kiranya dua ayat dan satu hadits tersebut cukuplah membuat kita yakin dengan apa yang telah Allah putuskan kepada kita. Jadi, kita tidak perlu terlalu mengeluh dan tidak perlu terlalu banyak menggerutu karena kebaikan Allah itu akan datang dari arah jalan yang tidak terkira sekalipun. Mengeluh dan menggerutu boleh, tapi sedikit saja lalu mari segera kita ganti dengan dzikir dan pujian kepada Allah.

Jika setiap saat kita mendapati hal-hal yang kurang menyenangkan, itu pertanda bahwa Allah akan menyusulakn kepada kita banyak kebaikan. Manakala hati kita sudah sampai pada poin yang sangat yakin akan kebesaran-Nya, maka pasti Allah akan segera menggantikan dengan banyak kebaikan. Keyakinan inilah yang justru seringkali tidak segera mengumpul dan membulat dalam pikiran kita.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Jadi, pada dasarnya kita hanya kehilangan satu hal yang kita sering lupakan, padahal satu hal itu merupakan kunci pembuka pintu rahmat Allah. Terlebih lagi, kunci itu adalah pembuka pintu segala ruang kesulitan yang memenjarakan kita. Apa kunci itu?

Sekali lagi, kunci itupun hanya berupa “keyakinan yang bulat”, bahwa Allah akan segera menyusulkan solusi atas kesulitan yang sedang melanda. Ingatlah bahwa meskipun telur sudah di atas tanduk kerbau dan kerbau itu tidak diikat dengan tali apapun, telur itu takkan jatuh jika Allah tidak menghendaki. Perhatikan firman-Nya,

ٗ ۗاِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌ

Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah” (QS. Al-‘Ankabut, ayat 19).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                                —ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *