Al-Qur’an Mengingatkan Kita Bahwa Ada Kesenangan Semu di Dunia, Lalu Mengapa Manusia Masih Membiarkan Dirinya Tertipu?

Al-Qur'an Mengingatkan Kita Bahwa Ada Kesenangan Semu di Dunia
Al-Qur'an Mengingatkan Kita Bahwa Ada Kesenangan Semu di Dunia

Hajinews.co.id – Entah berapa banyak orang yang merasa senang meski tidak beribadah pada Allah. Rezeki diberi meskipun tidak mematuhi perintah dan bahkan ketidaktaatan kepada Allah. Faktanya, Al-Quran menjelaskan bahwa dunia ini hanyalah fatamorgana.

Surah Al Hadid Ayat 20 Al-Quran menjelaskan bahwa tidak ada sesuatu pun dalam hidup ini yang kekal. Kebahagiaan yang menipu dan kesenangan yang semu , namun sayangnya masih banyak orang yang tertipu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dari Sahl bin Sa’ad berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda, “Seandainya dunia ini sama nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah. Niscaya Dia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada orang kafir, meskipun hanya seteguk air.” (HR. Tirmidzi. Syeikh Albani menshahihkan hadis ini).

Dunia ini hina, tidak sebanding dengan nilai seekor nyamuk yang lemah tanpa daya. Bahkan dunia ini pun terlaknat, beserta apa yang ada di dalamnya, kecuali kebaktian, kebajikan, dan amal saleh.

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. al-Hadîd [57]: 20).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *