Kultum 228: Mengenal Cara Kerja Dukun dan Jin

Mengenal Cara Kerja Dukun dan Jin
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

قَالَ اَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ

Artinya:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Iblis berkata, aku lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah (QS. Sad, ayat 76).

Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa mereka selalu mencoba menyesatkan manusia dengan berbagai cara. Siapa pun yang mendengarkan mereka dan menjadi pekerja untuk mereka, mereka disebut sebagai “manusia syetan”.

Sebenarnya, setiap manusia memiliki jin individu yang menemaninya yang disebut sebagai Qareen (yaitu pendamping). Ini adalah bagian dari ujian manusia dalam hidup ini. Jin mendorong keinginan yang lebih rendah dan terus-menerus mencoba untuk mengalihkan dia dari kebenaran. Rasulullah menyebut hubungan ini demikian, “Setiap orang dari kalian telah diberikan pendamping dari jin. Para Sahabat bertanya, bahkan engkau wahai Rasulullah? Dan Nabi menjawab, Bahkan saya, kecuali bahwa Allah telah membantu saya melawan dia dan dia telah tunduk. Sekarang dia hanya menyuruhku untuk berbuat baik” (HR. Muslim).

Satu-satunya nabi yang diberi kendali ajaib atas jin adalah nabi Sulaiaman sebagai mukjizat atas kenabiannya. Allah berfirman, “Dan, Kami kumpulkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung-burung” (QS. An-Naml, ayat 17). Nabi Muhammad pernah berhasil menangkap dan mengikat jin, tapi beliau melepaskannya karena beliau tidak mau melangkahi mukjizat nabi Sulaiman tersebut. Allahu ya’lam, InsyaAllah bersambung ke kultum berikutnya.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh                                     —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *