Kultum 230: Mengapa Minuman Beralkohol Dilarang

Minuman Beralkohol
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Hal yang sama terjadi pada penganiayaan seksual. Menurut statistik tersebut, 8% orang Amerika melakukan hubungan seksual sedarah, atau satu dari 12 orang di Amerika terlibat kasus hubungan seksual sedarah. Hampir semua kasus ini diakibatkan oleh mabuknya satu atau kedua orang yang terlibat. Salah satu faktor yang berhubungan dengan penyebaran AIDS adalah juga karena kecanduan khamr.

Riset juga membuktikan bahwa kecanduan khamr berawal dari kegiatan minum ringan untuk pergaulan. Tidak ada orang yang kecanduan khamr atau pemabuk yang awalnya berniat minum untuk secara sadar jadi pecandu. Tidak ada peminum ringan yang bisa berkata bahwa “saya sudah minum khamr sekian tahun dan bahwa saya punya cukup kontrol diri sehingga tidak pernah mabuk satu kalipun”.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sementara itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Khamr adalah ibu dari segala syaithan dan yang paling memalukan dari semua syaithan” (HR. Ibn Majah no. 3371). Rasulullah bahkan juga bersabda bahwa “Segala yang menyebabkan keracunan/ ketagihan dalam jumlah besar, dilarang dalam jumlah kecil” (HR. Ibn Majah, no. 3392).

Lebih dari itu semua, Rasulullah sudah mewanti-wanti bahwa, “Tidak hanya orang yang minum alkohol saja yang dikutuk, tetapi mereka yang berurusan dengannya baik secara langsung ataupun langsung juga dikutuk Allah” (HR. Ibn Majah, no. 3380).

Sementara Anas Radhiyallahu a’nhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Kutukan Tuhan jatuh pada sepuluh kelompok orang yang berurusan dengan khamr. Mereka adalah yang menyaring, yang menerima hasil saringan, yang meminum, yang mengirimkan, yang menerima kiriman, yang menghidangkan, yang menjual, yang menggunakan uang daripadanya, yang membeli dan yang membelinya dari orang lain”. Bersambung, InsyaAllah.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahma Idris Adh.                                   

   —ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *