5 Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan

Manfaat Akar Alang-Alang
Akar Alang-Alang
banner 400x400

Hajinews.co.id – Di Indonesia, obat tradisional atau herbal sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit. Tak heran jika banyak bahan alami yang dijadikan obat, salah satunya akar alang-alang (Imperata cylindrica).

Manfaat akar alang-alang bagi kesehatan diyakini tersebar luas karena mengandung banyak senyawa dan nutrisi penting seperti saponin, flavonoid, kalsium, dan kalium.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Manfaat Akar Alang-alang

Untuk menikmati manfaat akar tebu, Anda bisa meminum air rebusannya. Berikut beberapa manfaat kesehatan:

  1. Mengurangi nyeri

Akar alang-alang memiliki sifat anti-inflamasi. Minum air rebusan akar tebu bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit akibat peradangan pada tubuh.

Oleh karena itu, akar tebu bisa Anda manfaatkan sebagai obat pereda nyeri alami untuk mengatasi berbagai kondisi seperti sakit gigi, sakit perut, dan sakit kepala.

  1. Meredakan panas dalam

Akar alang alang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi panas dalam. Pasalnya, komponen antioksidan, antiradang, dan antibakteri pada akar tebu mampu meredakan sakit maag.

Selain itu, untuk mengatasi sakit maag juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih, tidur yang cukup, dan mengonsumsi makanan sehat agar tubuh dapat pulih kembali.

  1. Mencegah kerusakan hati

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, penelitian menunjukkan bahwa alang alang dapat membantu mencegah kerusakan hati akibat meminum minuman beralkohol.

Manfaat alang alangkarena kandungan antioksidannya. Antioksidan mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan hati, yang salah satunya disebabkan oleh paparan alkohol berlebihan.

Namun, bukan berarti mengonsumsi akar tebu saja akan mengurangi efek kerusakan hati akibat konsumsi alkohol berlebihan. Untuk menghindari hal ini sebisa mungkin, penderita penyakit hati harus berhenti minum alkohol.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Konsumsi akar alang-alang dapat menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini berasal dari kandungan mineral di dalamnya, seperti kalsium dan kalium.

Kalsium diperlukan untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, sedangkan kalium dibutuhkan untuk meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine. Artinya, kedua mineral ini sangat penting untuk memelihara tulang yang kuat dan sehat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan yang ada di dalam akar alang-alang juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini tidak terlepas dari peran antioksidan dalam menangkal dampak paparan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas berlebih bisa membuat kolesterol jahat (LDL) menempel atau menumpuk di pembuluh darah arteri dan membentuk plak. Plak bisa membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke jantung menjadi berkurang.  Efeknya, risiko terkena penyakit jantung pun meningkat.

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan beragam, tetapi bukan berarti bahan alami ini bisa dijadikan sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi penyakit tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan akar alang-alang, terutama bila Anda menderita kondisi medis tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *