Kisah Abu Nawas: Pakai Metode Sederhana Ini, Abu Nawas Menemukan Batas Alam Semesta

Abu Nawas Menemukan Batas Alam Semesta
banner 400x400

Hajinews.co.idABU Nawas menemukan batas alam semesta dengan metode sederhana. Diawali dengan Baginda Raja yang selalu bermeditasi terhadap fenomena alam.

Semua yang dia pikirkan berubah menjadi banyak pertanyaan. Namun dilihat dari hasil pertimbangan raja yang cermat, ia tidak pernah menemukan jawaban yang memuaskan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Suatu hari raja bertanya tentang batas alam semesta. Tidak ada satu pun ilmuwan, penasihat, atau bahkan anggota istana yang memberikan jawaban memuaskan atas pemikiran khawatir raja.

Para penasehat raja segera menyarankan untuk memanggil Abu Nawas. Siapa tahu, orang yang terkenal cerdas bisa menyenangkan hati Yang Mulia Raja.

Tidak lama Abu Nawas hadir di istana setelah dipanggil oleh pengawal. Di hadapan Abu Nawas, Raja mengatakan bahwa akhir-akhir ini dirinya sulit tidur karena keingintahuan menyingkap rahasia alam.

“Paduka Raja, rahasia alam manakah yang membuat Anda gelisah setiap malam karena ingin tahu?” tanya Abu Nawas, dikutip dari nu.or.id, Sabtu (14/10/2023).

“Begini wahai Abu Nawas, di manakah sebenarnya batas Alam Semesta ?” tanya Raja.

“Di dalam pikiran, wahai Paduka,” jawab Abu Nawas tangkas.

“Maksud kamu?” tanya Raja ingin memperjelas.

Abu Nawas menjelaskan, “Begini Paduka, ketidakterbatasan itu ada karena adanya keterbatasan. Keterbatasan itu ditanamkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala di dalam pikiran manusia.”

“Lalu?” Raja masih penasaran dengan uraian Abu Nawas.

“Lalu dari alam pikiran itu, manusia tidak akan pernah tahu di mana batas Alam Semesta ini. Sesuatu yang terbatas tentu tak akan mampu mengukur sesuatu yang tidak terbatas,” jelas Abu Nawas.

Baginda Raja pun merasa puas dengan penjelasan Abu Nawas.

Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *