Pendukung AMIN Tumpah-Tumpah di Sidoarjo, Ini Kata Pengamat Politik Unpad

banner 400x400

Hajinews.co.id — Antusiasme warga di berbagai kota yang dikunjungi pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar bisa menunjukkan seberapa besar dukungan terhadap pasangan dari Koalisi Perubahan ini di masyarakat akar rumput.

Anies dan Gus Imin kompak hadir dan menyapa peserta Mlaku Bareng AMIN yang dihadiri sekitar 1,2 juta orang di Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad pagi (15/10/2023).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Demikian juga dengan berbagai kegiatan pasangan Anies – Gus Imin di berbagai tempat selalu disambut warga dengan antusias. Sebelumnya, masyarakat tumpah ruah mengikuti kegiatan Jalan Gembira di Makassar, Sulawesi Selatan pada 25 September 2023.

Hal yang sama terjadi dalam kegiatan Jalan Sehat Bareng AMIN di Malang, Jawa Timur pada 8 Oktober 2023 yang dihadiri ratusan ribu orang yang menginginkan perubahan Indonesia yang lebih baik.

Melihat fenomena itu, Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Kunto Adi Wibowo menilai bahwa dengan masifnya pendukung AMIN berkumpul di beberapa kota yang dikunjungi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menunjukkan seberapa besar dukungan dari warga di akar rumput.

“Show of force [unjuk kekuatan] di lapangan penting untuk memperlihatkan soliditas dan solidaritas. Akan tetapi, yang paling penting adalah bagaimana pemilih-pemilih yang datang berkumpul, rela mengorbankan waktu untuk ikut pertemuan massal ini seharusnya juga sangat rajin untuk kemudian membujuk, mempengaruhi, dan mengajak orang lain di lingkungannya untuk memilih pasangan AMIN,” tutur Kunto, Ahad (15/10/2023).

Menurutnya, jika para pendukung bisa menjadi seperti halnya agen perubahan yang bersifat aktif, maka akan memberikan efek luar biasa. “Jadi tidak hanya militansi saat di pertemuan massal, tetapi juga militansi untuk mengajak orang lain di lingkungan sekitarnya untuk memilih AMIN.”

Kunto menegaskan bahwa banyaknya warga yang hadir dalam kegiatan Anies – Gus Imin juga menunjukkan bahwa perubahan memang diharapkan oleh masyarakat.

“Tinggal artikulasi perubahan, perubahan ke arah mana dan perubahan seperti apa. Ini yang menjadi PR [pekerjaan rumah] dari pasangan AMIN, yaitu mengartikulasikan lebih gamblang, lebih sederhana agar mudah dipahami masyarakat, sehingga yang datang untuk nyoblos pasangan AMIN akan lebih besar lagi,” jelasnya.

Saat menyapa warga dalam acara Mlaku Bareng AMIN di Sidoarjo, Anies Baswedan menyampaikan salam untuk keluarga di rumah, para tetangga di kampung, dan kolega di tempat kerja.

Anies berharap agar warga yang menyaksikan gelombang perubahan dalam acara Mlaku Bareng AMIN ini dapat menyampaikannya kepada orang lain.

“Ajak semua menjadi bagian dari gelombang perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Insyaallah ini memiliki dampak dan kita bisa mengatakan kita menjadi bagian yang mengikhtiarkan perubahan,” kata Anies.

Sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *