Kultum 263: Jelasnya Keberadaan Tuhan Allah

Keberadaan Tuhan Allah
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Bagaimana bisa membayangkan? Dengan sebuah mikroskop, manusia seperti kita semua ini, akan melihat dan memahami ternyata nyamuk “yang sepele” ini ternyata memiliki 100 mata, mempunyai belasan gigi, kaki-kakinya berbentuk kop seperti spiderman agar tidak mudah terpeleset, patuknya berupa beberapa jarum lentur, ada yang untuk meraba dan memilih pembuluh darah atau pipa-pipa kapiler darah manusia, ada yang untuk membius manusia agar tidak terasa sakit ketika digigit, ada yang untuk disuntikkan ke kulit manusia untuk menghisap darahnya.

Ketika semua itu diketahui dan dipahami serta direnungkan, maka manusia akan segera sadar bahwa nyamuk yang dianggap sepele itu ternyata seekor makhluk yang sangat kompleks dan rumit sekali sistem kerjanya. Itulah sebabnya maka sampai saat ini, di jaman yang ultra moderen ini, manusia belum bisa memenuhi tantangan Allah Subahanahu wata’ala dalam surat Al-Baqarah ayat 26, yang terbaca,

Bacaan Lainnya
banner 400x400

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَسْتَحْيٖٓ اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلًا مَّا

بَعُوْضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۗ فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا

فَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ وَاَمَّا

الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ

بِهٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهٖ كَثِيْرًا وَّيَهْدِيْ بِهٖ

كَثِيْرًا ۗ وَمَا يُضِلُّ بِهٖٓ اِلَّا الْفٰسِقِيْنَۙ

Artinya:

Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih remeh dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itulah kebenaran dari Tuhannya. Adapun mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Allah membiarkan sesat banyak orang dengan perumpamaan itu, dan juga menunjuki banyak orang dengan perumpamaan itu (pula). Dan tidak Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu kecuali orang-orang fasik (QS. Al-Baqarah, ayat 26).

Biasanya kita diberitahu bahwa nyamuk yang kecil, sepele, dan remeh itu mampu membuat yang digit sakit dan bahkan mati. Dan hari ini kita telah membicarakan sisi lain dari sepele dan remehnya nyamuk. Semoga dengan kajian terdahulu dan kajian yang satu ini bisa menambah ke-Islaman dan keimanan kita semua, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                                —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *