Inilah Manusia Yang Pernah Masuk Surga Menurut Al-Qur’an

Manusia Yang Pernah Masuk Surga

Hajinews.co.id – Setelah kehidupan dunia berakhir dengan kebangkitan, maka seluruh manusia akan hidup di akhirat. Manusia akan dibangkitkan dan kemudian berkumpul di padang Mahsyar untuk memutuskan apakah mereka akan masuk surga atau neraka.

Ada serangkaian tahapan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai tujuan akhirnya yaitu neraka atau surga, namun nyatanya ada orang yang sudah masuk surga. Orang ini bahkan disebutkan dalam Alquran. Siapa dia?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Orang yang Pernah Masuk Surga Sebelum Kiamat

Dalam kitab Al-Jannah wan Naar, Umar Sulaiman Al-Asyqar mengungkapkan bahwa manusia yang pernah masuk ke dalam surga sebelum terjadinya kiamat adalah Nabi Adam AS bersama istrinya, Hawa.

Hal ini sebagaimana kalam Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 35, yang berbunyi:

وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَاۖ وَلَا تَقْرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الظّٰلِمِيْنَ – 35

Artinya: “Kami berfirman, “Wahai Adam, tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu, dan janganlah kamu dekati pohon ini, sehingga kamu termasuk orang-orang zalim!”

Ibnu Katsir dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa Allah SWT memberikan karunia-Nya kepada Adam AS dengan memperkenankannya untuk tinggal di surga di bagian mana saja yang ia suka, hingga memakan makanan yang lezat lagi baik di dalamnya.

Menurut konteks ayat tersebut, diketahui kalau Hawa diciptakan sebelum Adam AS masuk ke surga. Dan barulah setelah Hawa tercipta, Allah SWT memperbolehkan keduanya untuk masuk ke dalam sana.

Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah juga menafsirkan ayat tersebut dengan, “…”Wahai Adam, diamilah dengan tenang (sebagaimana dipahami dari makna kata ‘uskun’) – engkau dan istrimu – berdua saja tidak bersama anak cucumu karena kamu tidak akan beranak cucu di surga ini…”.

Surga yang Disinggahi Nabi Adam

Perihal surga yang didiami oleh Adam AS bersama istrinya, para ulama berbeda pendapat apakah surga itu berada di langit atau di bumi. Jumhur ulama berpendapat bahwa surga yang disinggahi Adam AS berada di langit, yaitu Surga al-Ma’wa.

Ibnu Katsir dalam kitab Qashash Al-Anbiya memaparkan bahwa huruf alif dan lam pada kata “al-jannah” (surga) dalam Surat Al-Baqarah ayat 35 menunjukkan bahwa surga tersebut tidak bersifat umum, dan ialah Surga Ma’wa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *