Khutbah Jumat: Berbakti kepada Orang tua Sepanjang Hayat

Berbakti kepada Orang tua
Berbakti kepada Orang tua
banner 400x400

Khutbah I

اَلْحَمْدُ لِلهِ حَمْدًا طَيِّبًا كَثِيْرًا مُبَارَكًا فِيْهِ، كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَمَرَ بِبِرِّ الْوَالِدَيْنِ، وَجَعَلَ ذَلِكَ مِنْ أَسْبَابِ مَرْضَاتِهِ وَالْخُلُوْدِ فِيْ دَارِ النَّعِيْمِ، وَجَعَلَ الْعُقُوْقَ سَبَبًا لِلشَّقَاءِ فِيْ الدُّنْيَا وَمُوَصِّلًا إِلَى الْجَحِيْمِ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى كُلِّ رَسُوْلٍ أَرْسَلَهُ.

أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ اللهِ فَإِنِّيْ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ اَلْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ التَّنْزِيْلِ: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sidang jamaah shalat Jumat rahimakumullah

Segala puji hanya milik Allah, Rabb yang melimpahkan kita beribu-ribu kebaikan. Atas karunia dan limpahan rahmat-Nya, kita menjadi hamba beriman yang semoga kita juga diberi keistikamahan dalam beriman dan bertakwa hingga akhir hayat.

Mari, kita memanjatkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Begitu juga kepada keluarga, sahabat, dan umat beliau yang istikamah dalam menjalankan ajarannya hingga hari kiamat.

Khatib mewasiatkan wasiat takwa kepada diri khatib dan jamaah sekalian. Marilah kita meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah, sebab takwa adalah bekal terbaik yang kita bawa ketika menghadap Allah kelak.

Perintah Birrul Walidain

Jamaah shalat Jumat yang berbahagia

Hajinews.co.id – Setiap kita menghendaki kebaikan dunia dan akhirat. Maka ketahuilah, ada satu amalan yang Allah jadikan sebagai kuncinya. Yaitu Birrul Walidain, berbakti kepada kedua orang tua. Seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya pasti kehidupannya terpuji. Bakti kepada orang tua adalah berkah di dunia dan akhirat.

Mereka adalah orang yang paling berjasa bagi kita. Orang pertama yang berbahagia dengan kehadiran kita di dunia. Paling tulus dalam memberi, tanpa mengharapkan ganti. Kita ada di posisi sekarang, memiliki banyak skill dan talenta, karena sebab perjuangan orang tua kita. Lelah kita belum bisa mengalahkan betapa kerasnya usaha orang tua membesarkan kita.

Maka tak heran jika Allah memerintahkan kita untuk berbakti kepada keduanya. Bahkan Allah menyandingkan, mendampingkan, bakti kepada keduanya dengan tauhid dalam banyak ayat-Nya.

Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam Surat al-Isra` ayat 23—24,

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

“Dan Rabbmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Rabbku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’”

Dalam Surat al-Baqarah ayat 83,

وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, ‘Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua.’”

Dalam Surat an-Nisa ayat 36,

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua.”

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah

Di antara bentuk bakti kita kepada orang tua ketika mereka masih hidup adalah dengan mendoakan mereka, berbuat baik kepada keduanya, menaati perintah mereka, melayani keperluan mereka, mengakui keutamaan mereka, mencukupi kebutuhan mereka, duduk bersama mereka, merendahkan suara di hadapan mereka, menjawab panggilan mereka, dan mendengarkan dengan seksama jika mereka berbicara kepada kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *