Hikmah Pagi: Untukmu yang Masih Enggan Mendukung Palestina 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Mâidah [5]:2)

Dalam ayat ini Allah Azza wa Jalla memerintahkan hamba-Nya yang beriman untuk saling membantu dalam perbuatan baik dan itulah yang disebut dengan al-birr dan meninggalkan kemungkaran yang merupakan ketakwaan. Dan Allah melarang mereka saling mendukung dalam kebatilan dan bekerjasama dalam perbuatan dosa dan perkara haram. (Tafsîrul Qur`ânil ‘Azhîm)

Rasulullah ﷺ bersabda,

اللهُ فىِ عَوْنِ اْلعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فىِ عَوْنِ أَخِيْهِ

“Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim 2699)

Membantu saudara muslim yang sedang ditimpa musibah wajib bagi seorang muslim karena Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kepada perbuatan saling tolong menolong dalam kebaikan. Sebagaimana saat ini yang sedang terjadi saudara kita yang sedang diuji dengan musibah berupa kezaliman dari kaum Yahudi di Palestina, maka wajib bagi kita untuk membantu mereka dengan apa yang bisa kita bantu.

Semoga Allah segera menolong kaum muslimin di PΔlestinΔ dan memberikan kesabaran kepada mereka. Allahumma amiin…

Allahu Ta’ala a’lam bishawab
——————————
Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim no. 1893)

Oleh: Ustadz Khalid Basalamah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *