Hikmah Malam: Manfaatkan Internet Untuk Dakwah!

Orang-orang kafir dan ahlul bid’ah dari kalangan shufi, khawarij, syiah Rafidhah dan kelompok-kelompok menyimpang lainnya begitu semangat menyebarkan pemahamannya yang sesat dan batil. Termasuk di dunia maya, dunia internet.

Untuk itu, ahlul haq harus lebih bersemangat menyebarkan kebenaran dan ilmu yang bermanfaat di dunia internet, dunia maya, baik di WA, FB, Telegram, Tweeter, Instagram dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Berkata Syaikh Utsaimin rahimahullah:

زاحموا أهل الباطل في الإنترنت حتى يتبين الحق.

“Saingilah para pengusung kebatilan di internet agar kebenaran menjadi jelas.” (Tafsir Surat asy-Syura, kaset no. 11).

Berkata Syeikh Shaleh Al Fauzan hafidzohullôh:

لا تتركوا مواقع التواصل الإجتماعي للأشرار دعاة الضلال ضايقهم فيها واستغلوها

“Janganlah kalian tinggalkan situs-situs penghubung (media) sosial, karena kejahatan (kejelekan) dai-dai yang sesat, mereka mengambil manfaat (keuntungan) padanya. Persempitlah (ruang gerak) mereka padanya (media sosial)”. Sumber: https://ar.alnahj.net/audio/4201

Menyebarkan kebenaran, kebaikan dan ilmu yang bermanfaat di manapun berada dan memanfaatkan sarana apapun merupakan jihad di zaman kini untuk mengimbangi kebatilan yang semakin masif penyebarannya dan semakin merajalela.

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

إن في نشرك للعلم نشر لدين الله، فتكون من المجاهدين في سبيله، لأنك تفتح القلوب بالعلم، كما يفتح المجاهد البلاد بالسلاح والإيمان.

“Sesungguhnya pada kegiatanmu menyebarkan ilmu merupakan upaya menyebarkan agama Allah, sehingga engkau termasuk orang yang berjihad di jalan-Nya, karena engkau membuka hati hamba-hamba Allah dengan ilmu, sebagaimana orang yang berjihad membuka negeri-negeri dengan senjata dan iman.” (Syarah Du’a Qunutil Witr, hlm. 12).

Berkata Syeikh Bin Baaz rahimahullah:

ﻓﺎﻟﻮاﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ اﻟﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﻨﺸﻄﻮا ﻭﺃﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﺎﻃﻞ ﺃﻧﺸﻂ ﻣﻨﻬﻢ. ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻧﻮا ﺃﻧﺸﻂ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﺎﻃﻞ ﻓﻲ ﺇﻇﻬﺎﺭ اﻟﺤﻖ ﻭاﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻴﻪ ﺃﻳﻨﻤﺎ ﻛﺎﻧﻮا ﻓﻲ اﻟﻄﺮﻳﻖ ﻭﻓﻲ اﻟﺴﻴﺎﺭﺓ ﻭﻓﻲ اﻟﻄﺎﺋﺮﺓ ﻭﻓﻲ اﻟﻤﺮﻛﺒﺔ اﻟﻔﻀﺎﺋﻴﺔ ﻭﻓﻲ اﻟﺒﻴﺖ ﻭﻓﻲ ﺃﻱ ﻣﻜﺎﻥ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﻨﻜﺮﻭا اﻟﻤﻨﻜﺮ ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ ﻭﻳﻌﻠﻤﻮا ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ ﺑﺎﻷﺳﻠﻮﺏ اﻟﻄﻴﺐ ﻭاﻟﺮﻓﻖ ﻭاﻟﻠﻴﻦ ﻳﻘﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ:
{اﺩﻉ ﺇﻟﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺭﺑﻚ ﺑﺎﻟﺤﻜﻤﺔ ﻭاﻟﻤﻮﻋﻈﺔ اﻟﺤﺴﻨﺔ ﻭﺟﺎﺩﻟﻬﻢ ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ} [ مجموع فتاوى ابن باز (223/9) ]

Wajib bagi orang yang berilmu untuk semangat dan jangan sampai ahli batil lebih semangat daripada mereka.

Bahkan wajib bagi mereka untuk lebih semangat dari ahli batil di dalam menampakkan kebenaran, berdakwah kepadanya di manapun mereka berada; di jalan, mobil, pesawat, kendaraan, rumah dan di manapun ia berada.

Hendaklah mereka mengingkari kemungkaran dengan cara yang lebih baik dan memberitahu mereka dengan cara yang lebih baik, dengan metode yang baik, halus dan lembut.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:
“Serulah kepada jalan Rabb mu dengan hikmah dan nasehat yang baik dan debatlah mereka dengan yang lebih baik”.
(Majmu’ Fatawa Ibnu Baaz 9/223).

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullahu dinasehati seorang awam untuk terus menyebarkan ilmu yang bermanfaat di mana saja, termasuk di warung makan atau warung kopi.

Syaikh Utsaimin rahimahullahu bercerita:
Sungguh telah mewasiatkan kepadaku, seorang lelaki awam. Dia mengatakan kepadaku:

“Wahai putraku bersemangat lah engkau dalam menyebarkan ilmu, di majelis-majelis yang ada, seperti majelis minum kopi, tempat makan, atau yang semisalnya.

‘Janganlah engkau meninggalkan satu majelis pun, kecuali engkau berusaha memberikan kepada mereka hadiah ilmu. Sekali pun hanya satu permasalahan.’

Dia mewasiatkan yang demikian itu kepadaku.

Maka aku juga wasiatkan kepada kalian, untuk semangat menyebarkan ilmu). Dikarenakan itu wasiat yang bermanfaat.”
(at Ta’liq ‘ala Shahih Muslim (hadits 152).

Ustadz AFM

🌐 Sumber

بارڪ اللّـہ فيڪمــ وجزاڪمــ اللّـہ خيـرا

📲 @IslamAdalahSunnah

​​​​​​​​​​​​​​​

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *