PDIP Umumkan Tema HUT ke-51 ‘Kebenaran Pasti Menang’, Akankah Jokowi Hadir?

Hajinews.co.id — PDIP akan merayakan HUT ke-51 pada 10 Januari 2024 mendatang. HUT kali ini akan mengusung tema ‘Satyam Eva Jayate’ yang berarti ‘kebenaran pasti menang’.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan puncak HUT akan digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, dihadiri jajaran pengurus partai. Ketum Megawati Soekarnoputri juga akan menyampaikan pidato dalam acara tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Sesuai arahan Ketum Ibu Megawati, dengan cermati seluruh sejarah PDIP, sejarah diwarnai keyakinan politik hadapi pemerintahan otoriter 32 tahun Orde Baru, maka tema tahun ini Satyam Eva Jayahe, ini (artinya) kebenaran pasti menang,” kata Hasto di DPP PDIP, Menteng, Sabtu (6/1).

“Ini tunjukkan spirit kepartaian bahwa PDIP berasal dari rakyat, lahir dari tradisi perlawanan pemerintah otoriter Orba dan punya rekam jejak panjang sebelum Indonesia merdeka. PNI didirikan Bung Karno 10 Juli 1927,” imbuh dia.

Ia melanjutkan pada 10 Januari, HUT akan diwarnai gerakan kader turun ke bawah. Sehingga peringatan HUT PDIP akan dilakukan di basis-basis RT dan RW di seluruh Indonesia.

Selain itu, HUT akan dimeriahkan aksi Rawat Pertiwi seperti menanam pohon, membersihkan sungai, hingga dapur umum keliling. Ada pula beragam acara kesenian yang dipimpin Aria Bima dan Rano Karno.

“Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) juga akan safari politik dengan mobil dapur umum, ambulans, mobil layanan rakyat untuk gotong royong. Peringatan HUT PDIP akan dilaksanakan banyak daerah, dan sebagai mana tradisi pdip, HUT dibuka 10 Januari dan akan diakhiri 31 Mei, yang kemudian dilanjutkan Bulan Bung Karno,” kata Hasto.

“Partai yang biasa hadapi ujian-ujian sejarah, dengan ultah ke-51 ini akan dibangun semangat memenangkan Pemilu 2024 dan kemenangan PDIP maupun kemenangan Pak Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” lanjutnya.

Sementara, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan jika dilihat dari pembentukan PNI, PDIP sudah berusia 96 tahun. Ia memastikan sejarah panjang PDIP yang diwarnai perjuangan melawan Orde Baru akan menjadi semangat perjuangan partai dalam memenangkan pilpres.

“Refleksi 51 tahun PDI dan 96 tahun PNI, kita selalu meyakini kebenaran itu pasti akan datang, sebagaimana keyakinan para pendiri bangsa. Segala macam cuaca dan dinamika politik, kita anggap sebagai dialektika dengan keyakinan PDI, kebenaran pasti akan menang,” kata Basarah.

 

Jokowi Bakal Hadir?

Sementara, Hasto memberi kode Presiden Jokowi tak akan hadir dalam peringatan HUT PDIP ke-51. Jika tak hadir, ini akan menjadi pertama kalinya Jokowi absen dalam peringatan HUT PDIP sejak diusung di Pilgub DKI dan Pilpres.

Jokowi pun tak hadir di tengah isu dirinya semakin kuat mendukung Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

“Ultah PDIP akan diawali dengan pidato politik Ibu Ketua Umum sekaligus perintah harian. Kami sudah mendapat informasi juga Bapak Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara di luar negeri di Filipina,” jelas Hasto.

“Nanti Ibu Megawati Soekarnoputri dalam menyampaikan pidato politiknya di Sekolah Partai. Jadi puncaknya ya di pintu rakyat itu pada 10 Januari, karena bertepatan hari Rabu, bukan hari libur, maka peringatan itu akan dilakukan di akar rumput,” tandasnya.

Sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *