Mungkin Inilah Sebabnya Seseorang Langsung Didiagnosis Menderita Kanker Pankreas Stadium 4

Didiagnosis Menderita Kanker Pankreas Stadium 4
Kanker Pankreas
banner 400x400

Sebagian besar kasus kanker pankreas terlambat diketahui karena pasien mengira bahwa nyeri ulu hati yang dialami dipicu oleh penyakit mag atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

“Jangan abaikan, dari dulu nyeri ulu hati selalu dianggap sebagai sakit mag. Sekali lagi jangan anggap remeh nyeri ulu hati, meski kecil kemungkinannya, jangan-jangan nyeri ulu hati Anda ada kaitannya dengan kanker pankreas,” tegas Ari.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Faktor Terjadinya Kanker Pankreas

Ari Fahrial Syam menambahkan, sejumlah faktor risiko yang bisa menyebabkan terjadinya kanker pankreas, antara lain faktor usia, konsumsi rokok dan alkohol, obesitas, diet tinggi lemak, serta faktor genetik.

Ia menganjurkan agar masyarakat yang memiliki sejumlah faktor risiko tersebut memeriksakan dirinya ke dokter dan melakukan medical check up setidaknya setahun sekali untuk mencegah terjadinya penyakit yang lebih parah lagi.

“Ya karena penyakit kanker pankreas memiliki tingkat kematian yang tinggi jika baru diketahui pada stadium lanjut yakni 90 persen pada tahun pertama. Pada 2020 di Eropa ditemukan kasus baru sebanyak 57.600 kasus, dengan 90 persen kematian yang umumnya datang tanpa gejala,” beber Ari.

Walau begitu, Ari menekankan, penyakit kanker pankreas dapat dicegah. Masyarakat dapat menerapkan hidup sehat dengan tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, berolahraga secara teratur, serta tidak melakukan diet tinggi lemak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *