Hikmah Siang: Empat Karakter yang Diharamkan Api Neraka

banner 400x400

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan at Tirmidzi dan Ibu Hibban serta di shahihkan oleh Al Albani, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah menyebutkan 4 golongan orang yang haram tersentuh api neraka, yaitu Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl.

1. Hayyin adalah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tanda-tanda orang ini yaitu, tidak labil dan tidak gampang marah, penuh pertimbangan, tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

2. Layyin adalah orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur kata atau berbuat, tidak kasar, tidak semaunya sendiri, tidak suka egois atau memaksa, lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.⁣

3. Qarib adalah orang yang supel, akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan, tidak acuh atau cuek, murah senyum, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

4. Sahl adalah orang yang baik hati memudahkan urusan orang lain, tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan, tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan orang lain.

Semoga Allah ﷻ anugerahkan kita sifat-sifat di atas dan semoga Allah jauhkan kita dari api neraka.

✍ Habibie Quotes, 22/06/20
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *