Kultum 345: Alam Barzah bagi Orang Beriman

Alam Barzah bagi Orang Beriman
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Semua itu benar dan telah dinyatakan dalam firman-Nya dan juga melalui sabda Rasul-Nya. Jika Allah memberkahi seorang mukmin laki-laki atau perempuan dengan pengetahuan tentang alasan untuk itu, maka itu sungguh lebih baik. Itulah cahaya di atas cahaya dan pengetahuan di atas pengetahuan. Maka hendaklah kita memuji Allah dan mensyukuri segala nikmat-Nya atas ilmu dan wawasan yang telah diberikan-Nya, sehingga menambah ilmu dan ketenteraman batin kita.

Mengenai pertanyaan di alam kubur dan keadaan orang yang meninggal, berbagai interogasi itu adalah nyata. Jiwa orang yang meninggal akan dikembalikan kepada mereka; hadits shahih tentang hal itu telah diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Kehidupan orang yang meninggal di alam kubur berbeda dengan kehidupan mereka di dunia ini. Kehidupan itu adalah jenis kehidupan khusus yang disebut alam barzakh, yaitu periode antara kematian dan hari kebangkitan yang tidak seperti hidup di dunia di mana kita dan mereka membutuhkan makanan, minuman, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ini adalah jenis kehidupan khusus di mana kita dan mereka semua harus memahami pertanyaan dan jawabannya, di mana dua malaikat akan bertanya kepada kita semua. Berbagai pertanyaan itu antara lain, Siapakah Tuhanmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu?

Seorang mukmin akan menjawab, Tuhanku adalah Allah, Islam adalah agamaku, dan Muhammad adalah Nabiku. Ini akan menjadi jawaban dari pria dan wanita yang beriman. Kemudian dia akan ditanya, Apa yang kamu ketahui tentang Muhammad (Shalallahu ‘alaihi wasallam)? Dia akan menjawab, Dia adalah Rasul Allah. Dia memberi kami petunjuk dan kami beriman kepadanya dan mengikutinya.

Lalu dikatakan, Kami tahu bahwa kamu adalah orang yang beriman. Kemudian pintu surga akan dibuka baginya, dan dia akan merasakan istirahat dan rezeki dan berkahnya. “Dan ini adalah tempatmu sampai Allah membangkitkan kamu untuk itu”. Kepada pendosa akan ditunjukkan tempatnya di neraka, dan akan dikatakan kepadanya, “Ini akan menjadi tempatmu jika kamu tidak beriman kepada Allah”. Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *