Kultum 346: Alam Barzah bagi Orang Kafir

Alam Barzah bagi Orang Kafir
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Adapun orang-orang kafir, mereka akan ditanya tentang Tuhan mereka dan agama mereka, serta Nabi mereka. Seorang kafir akan menjawab, Oh, oh, saya tidak tahu, saya mendengar orang-orang mengatakan sesuatu jadi saya mengatakan hal yang sama. Kemudian dia akan dipukul dengan tongkat besi dan dia akan mengeluarkan teriakan yang akan didengar oleh segala sesuatu selain al-thaqalain, yaitu jin dan manusia. Jadi, binatang pun akan bisa mendengarnya.

Dalam pembahasan mengenai azab kubur, ada cukup banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Salah satu di antaranya adalah surat At-Taubah ayat 101. Dalam surat tersebut Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَمِمَّنْ حَوْلَكُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ مُنٰفِقُوْنَ ۗ

وَمِنْ اَهْلِ الْمَدِيْنَةِ مَرَدُوْا عَلَى النِّفَاقِۗ

لَا تَعْلَمُهُمْۗ نَحْنُ نَعْلَمُهُمْۗ سَنُعَذِّبُهُمْ

مَّرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّوْنَ اِلٰى عَذَابٍ عَظِيْمٍ ۚ

Artinya:

Dan di antara orang-orang Arab Badui yang (tinggal) di sekitarmu, ada orang-orang munafik. Dan di antara penduduk Madinah (ada juga orang-orang munafik), mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Engkau (Muhammad) tidak mengetahui mereka, tetapi Kami mengetahuinya. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali, kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar (QS. At-Taubah, ayat 101).

Di dalam beberapa Tafsir, misalnya Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia; Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, yakni Imam Masjidil Haram; dan Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Universitas Islam Madinah, dijelaskan sebagai berikut.

Dan diantara kaum yang hidup di sekitar Madinah ada orang-orang Arab Badui yang munafik. Dan diantara penduduk Madinah ada orang-orang munafik yang hidup diatas kemunafikan. Dan mereka bertambah menjadi-jadi dalam kedurhakaan, lantaran seluk beluk mereka tersembunyi bagi Nabi Muhammad. Kami (Allah) mengetahui mereka, maka kami akan menyiksa mereka dua kali dengan (1) dibunuh, ditawan dan dibongkar kedok mereka di dunia dan dengan siksaan kubur setelah kematian. (2) Kemudian mereka akan dikembalikan pada hari kiamat menuju siksaan besar yaitu di neraka jahanam.

Pintu neraka akan dibuka baginya, dan kuburnya akan menyempit (menghimpit) sampai tulang rusuknya menyatu, dan kuburnya akan seperti salah satu lubang Neraka. Sebuah gerbang ke neraka akan dibuka untuknya dan dia akan merasakan panas dan siksanya. Lalu dikatakan kepada mereka, “Ini adalah tempat anda sampai Allah membangkitkan anda untuk itu. Demikian juga kemudian pintu surga akan dibuka bagi calon penghuninya – – – – .”

Dari sini kita bisa memahami bahwa kuburan akan menjadi salah satu taman surga atau salah satu lubang neraka. Siksaan atau berkah akan terjadi pada tubuh dan jiwa di alam kubur, dan juga di akhirat, baik di surga atau di neraka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *