Buya Yahya: Konsep Rumah Islami Bukanlah Ada Musala Atau Masjid, Melainkan Ini

Konsep Rumah Islami
Buya Yahya

Hajinews.co.idSetiap orang mempunyai rumah idamannya masing-masing. Beberapa orang ingin dilengkapi dengan taman, kolam renang, dan plafon tinggi agar ruang tamu lebih sejuk dan nyaman.

Dengan banyaknya konsep desain rumah yang ditawarkan oleh para pengembang, bagaimana pandangan Islam terhadap fenomena tersebut?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pendakwah Buya Yahya mengatakan, desain rumah bagi umat Islam dapat mengekspresikan konsep rumah Islami. Seperti apa?

“Desain rumah Islami harus Anda perhatikan rumah di dalam dan rumah untuk orang luar. Rumah tidak harus gede, akan tetapi lengkap,” kata dia dikutip YouTube Al Bahjah, Jumat 2 Februari 2024.

Lebih lanjut, untuk konsep rumah Islami, Buya Yahya menekankan pentingnya memiliki toilet. Toilet itu, kata Buya Yahya juga harus memiliki pintu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tolong toilet Anda, sefakir-fakir Anda, hendaknya Anda punya toilet yang tertutup. Kadang anak sudah gede, Nauudzubilah intip-intipan, mergoki adik perempuannya yang sedang mandi dan sebagainya. Pastikan kamar mandi Anda ada kuncinya, yang tertutup rapat. Semelerat apapun upayakan,” katanya.

Kemudian, diungkap Buya Yahya, konsep rumah Islami juga menyangkut tentang pemisahan tempat tidur antara anak perempuan dan laki-laki.

“Laki dan perempuan harus dipisah, kalau perempuan letakkan di kamar. Jangan letakkan anak perempuan dan laki-laki satu kamar yang sama. Setan membangunkan dia saat terbangun, tersingkap auratnya kemudian mau ke kamar mandi, dan sebagainya Masya Allah itu bahaya banget,” katanya.

Jika ternyata di dalam rumah tersebut hanya memiliki 1 kamar selain kamar utama, Buya Yahya menyarankan agar kamar tersebut diberikan untuk anak perempuan. Sementara anak laki-laki, dibiarkan tidur di luar kamar.

“Pastikan terpisah kamar laki dan perempuan. Kalau ternyata kamar hanya satu, laki-laki di luar, taruh kasur di hamparan luar. Jangan kamar mandi masuk kamar adik perempuannya jangan. Walau sefakir apapun Anda jangan seperti itu. Buat kamar khusus untuk anak putri dan buat kamar khusus anak putra terpisah,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *