Buya Yahya: Konsep Rumah Islami Bukanlah Ada Musala Atau Masjid, Melainkan Ini

Konsep Rumah Islami
Buya Yahya

Namun, jika memiliki 2 anak perempuan atau lebih dan tidak ada anak laki-laki, Buya mengatakan, kasurnya harus terpisah. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Dan antara anak putri dan anak putri tidak boleh satu selimut, itu ajaran nabi. Ranjang berbeda-beda, paling tidak terpisah. Itu ajaran Nabi SAW untuk kita pisah tempatnya,” jelasnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kemudian harus ada ruang terpisah untuk menerima tamu dari bangunan utama rumah. Jangan biarkan kata tamu yang datang melihat sosok anak perempuan pemilik rumah.

“Kalau Anda golongan orang yang banyak didatangi tamu, pastikan ada ruangan tertentu yang menjaga kehormatan keluarga Anda. Entah itu saung atau gubuk di luar tamu di situ, mereka jangan sampai melihat anak perempuan kita. Kalau ada toilet kecil di situ, sehingga kalau ada hajat di situ,” ujarnya.

Selanjutnya, konsep rumah Islami adalah memisahkan kamar tidur orangtua dengan anak-anaknya.

“Sebisa mungkin kamar bapak dan ibu terpisah, sehingga di saat orangtua punya hajat lalu dirasakan anaknya karena satu kamar, itu merusak mental anak juga. Sefakir-fakir Anda nyekat enggak susah. Sekecil apapun dirapihkan,” ungkapnya.

Perhatikan toilet untuk anggota rumah. Dijelaskan Buya Yahya toilet yang dipergunakan oleh seluruh anggota rumah, harus memiliki pintu dan kunci.

“Dan aurat, rumah harus ada toilet. Ada satu budaya, mungkin ada orang yang mandinya di sungai. Maka sebisa mungkin dibuat tempat menutup aurat mereka di sungai,” ujarnya.

Buya Yahya juga menekankan bahwa konsep rumah Islami itu bukan rumah besar yang dilengkapi dengan musala atau masjid, melainkan seperti yang telah diperbincangkan di atas.

“Buat rumah Islami bukan yang gede dengan musalanya padahal bisa gelar sajadah bisa untuk solat (tanpa adanya bangunan musala di rumah). Rumah kecil bisa dibuat se-Islami mungkin,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *