Survei Kompas: Anies Unggul dalam Debat Kemarin, Prabowo dan Ganjar Mendapat Sorotan Positif

Anies Unggul dalam Debat Kemarin
Capres 2024
banner 400x400

Hajinews.co.id – Penampilan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranovo pada debat terakhir calon presiden, Minggu (4/2/2024) menjadi sorotan publik.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, masing-masing calon mendapat nilai baik dengan skor lebih dari 7 dari responden.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Survei ini mencerminkan pendapat 68,7 persen responden yang menyaksikan debat ini ketika survei.

Rata-rata Margin of error penelitian pada saat debat dengan menggunakan metode sampel random sampling adalah ±6,93 persen.

Dalam survei tersebut, publik menilai kemampuan ketiga calon presiden dalam menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, penguasaan masalah, serta penampilan mereka di atas panggung.

Aspek penampilan, sikap, dan ekspresi yang ditunjukkan oleh setiap calon presiden juga menjadi bagian dari penilaian publik.

Berdasarkan hasil survei, Anies Baswedan meraih skor 7,5 dalam hal menjawab pertanyaan, 7,4 dalam penguasaan topik, dan 7,9 dalam penampilan di atas panggung.

Rata-rata skor Anies dalam kelima debat Pilpres 2024 adalah 7,6.

Dibandingkan dengan penilaian pada debat pertama dan ketiga, responden melihat peningkatan pada penampilan Anies.

Sebelumnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu mendapat skor rata-rata 7,2 pada debat pertama dan 7,5 pada debat ketiga.

Prabowo Subianto memperoleh skor 7,0 dalam menjawab pertanyaan, 7,0 dalam penguasaan topik, dan 7,4 dalam penampilan di atas panggung.

Rata-rata skor Prabowo dalam debat kali ini adalah 7,1.

Publik melihat adanya peningkatan pada penampilan Prabowo saat debat.

Sebelumnya, ketua umum Partai Gerindra itu meraih skor rata-rata 6,6 pada debat pertama dan 7,0 pada debat ketiga.

Ganjar Pranowo memperoleh skor 7,3 dalam kemampuan menjawab pertanyaan, 7,4 dalam penguasaan topik, dan 7,4 dalam penampilan di atas panggung debat.

Publik memberi Ganjar skor rata-rata 7,3.

Meskipun skor rata-rata Ganjar dalam debat kelima sedikit menurun dibanding debat ketiga yang mencapai 7,5, eks gubernur Jawa Tengah itu tetap mendapatkan penilaian lebih baik daripada skor pada debat pertama, yaitu 7,0.

Tema debat capres terakhir atau debat kelima Pilpres 2024 mencakup kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Sebanyak 88 persen responden mengungkapkan bahwa pilihan capres mereka tetap sama setelah debat berlangsung, menunjukkan konsistensi dibanding debat sebelumnya yang melibatkan para calon wakil presiden.

Litbang Kompas melakukan wawancara dengan total 1.002 responden dari seluruh Indonesia pada lima kesempatan debat Pilpres 2024.

Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai dengan proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi.

Dengan tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error rata-rata penelitian untuk setiap kali debat adalah ±6,93 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Penting dicatat bahwa, meskipun demikian, kesalahan di luar pengambilan sampel masih dimungkinkan terjadi. Pengumpulan pendapat sepenuhnya didanai oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *