Hikmah Pagi: 13 Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj Yang Dialami Nabi SAW

Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj
Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj
banner 400x400

Terdapat sejumlah hikmah berharga di balik peristiwa Isra Miraj. Dikutip dari buku Sejarah Kebudayaan Islam oleh Yusak Burhanudin dan Ahmad Fida dan laman NU Online, berikut hikmah Isra Miraj:

  1. Adanya Kebesaran Allah SWT

Sebagaimana dijelaskan, peristiwa Isra Miraj dimaksudkan agar Rasul SAW melihat tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Ini juga tertuang dalam Surat Al-Isra ayat 1 dan Surat An-Najm ayat 14-18.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Isra Miraj merupakan perjalanan agung yang bisa disebut tidak masuk akal. Dengan terjadinya peristiwa ini, Allah SWT membuktikan kebesaran-Nya yang menurut sebagian orang tidak mungkin tapi mungkin bagi-Nya lantaran Dialah Tuhan semesta alam.

  1. Membersihkan Hati

Perjalanan luar biasa itu diawali dengan pembedahan dada Nabi SAW untuk membersihkan hatinya dari berbagai penyakit dan maksiat. Bisa dipahami, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT maka hati seorang hamba perlu dibersihkan terlebih dahulu. Demikian agar kesempurnaan penghambaan dapat diraih.

  1. Memuliakan Rasulullah SAW

Peristiwa Isra Miraj hanya dialami oleh Nabi SAW dan tidak ada nabi maupun rasul lain yang melakukannya. Itu menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan kemuliaan yang lebih kepada Rasul SAW sebagai kekasih-Nya.

  1. Tingginya Derajat Hamba

Allah SWT menyebut Rasulullah SAW dengan ‘abdun’ (hamba) dalam firman-Nya Surat Al-Isra ayat 1. Ini menandakan bahwa hanya hamba benar-benar takwa yang memperoleh derajat tinggi di sisi-Nya.

  1. Sebagai Bekal Dakwah

Satu per satu, orang yang mendukung dan Nabi SAW cintai seperti istri dan paman beliau meninggalkannya sejak sebelum peristiwa Isra Miraj. Di sisi lain, kaum Quraisy semakin gencar menindas beliau.

Dengan perjalanan agung tersebut, Allah SWT memberikan bekal bagi Rasul-Nya itu agar dapat bertahan dan kuat dalam misi dakwah yang diembannya.

  1. Memantapkan Hati Nabi SAW

Sebelum Isra Miraj, Rasulullah SAW hanya mengetahui hal-hal gaib seperti surga dan neraka lewat wahyu. Tapi setelah melihat langsung keberadaan neraka, surga, dan hal gaib lainnya saat peristiwa tersebut, keimanan dan keyakinan beliau semakin kuat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *