Hikmah Pagi: 13 Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj Yang Dialami Nabi SAW

Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj
Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj
banner 400x400
  1. Pentingnya Sholat Fardhu Lima Waktu

Allah SWT secara langsung menurunkan perintah sholat wajib lima waktu saat perjalanan Isra Miraj. Ini berbeda dengan sejumlah syariat lainnya yang diperintah melalui perantara wahyu.

Karena itu terlihat bahwasanya sholat lima waktu ini sangatlah penting dan wajib dilaksanakan oleh kaum muslim.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Menghapus Syariat Nabi Terdahulu

Dengan diutusnya Rasul SAW dan diturunkannya wahyu, itu menunjukkan bahwa syariat nabi terdahulu sudah dihapuskan. Terhapusnya syariat nabi sebelum Rasulullah lebih dipertegas lagi saat Isra Miraj.

Saat perjalanan tersebut diketahui Nabi SAW menjadi imam ketika sholat bersama nabi-nabi sebelumnya. Ini membuktikan bahwa mereka telah mengikuti syariat Islam yang dibawa Rasul SAW.

  1. Menyampaikan Kebenaran

Nabi SAW menceritakan perjalanan Isra Miraj kepada para sahabat dan penduduk Makkah kala itu. Karena dinilai tak masuk akan, sebagian orang tidak meyakininya. Walau begitu, Rasulullah SAW tetap menyampaikan kebenaran yang dialaminya meski ada yang tidak mempercayainya.

  1. Intropeksi Diri

Selama perjalanan agung tersebut, Rasul SAW melihat berbagai hal antara lain apa yang menimpa para penghuni neraka. Beliau SAW menyaksikan orang-orang yang berenang di sungai darah, mereka yang lidahnya digunting, hingga mencakar dada dan wajahnya sendiri.

Dengan terjadinya Isra Miraj, hal-hal tersebut dapat menjadi bahan intropeksi untuk menjadi diri yang lebih baik. Karena, apa yang dialami para penghuni neraka itu adalah siksaan atas apa yang mereka lakukan selama hidupnya di dunia.

  1. Ujian Keimanan

Isra Miraj termasuk ujian keimanan bagi para hamba. Orang-orang yang mendengar peristiwa ini diuji apakah mereka percaya atau tidak terhadap kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Hamba yang beriman terhadapnya akan makin bertambah keimanannya. Sebaliknya, hampa yang tidak meyakininya maka semakin lemah imannya.

  1. Keistimewaan Masjidil Aqsha

Dengan perjalanan Nabi SAW menuju Masjidil Aqsa atau Baitul Maqdis saat Isra juga sudah menandakan bahwa masjid tersebut adalah tempat yang mulia bagi umat Islam.

  1. Sebagai Penghibur Hati Rasul SAW

Isra Miraj terjadi bersamaan dengan masa berduka Rasulullah SAW setelah ditinggal pergi selamanya oleh Khadijah dan Abu Thalib. Dengan melakukan perjalanan luar biasa ini, Allah SWT coba menghibur hamba-Nya itu agar tidak luput dari kesedihan.

Itulah sederet hikmah di balik peristiwa Isra Miraj yang dialami oleh Nabi SAW.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *