Kapan Nisfu Syaban 2024? Inilah Jadwal, Keutamaan, Amalan, dan Doanya

Kapan Nisfu Syaban 2024
Nisfu Syaban
banner 400x400

Sedangkan golongan ulama yang melarangnya berpandangan bahwa shalat tersebut termasuk dalam bid’ah munkar dan sandaran haditsnya maudhu seperti diterangkan oleh Imam an-Nawawi. Ulama lain yang juga sependapat seperti Imam Ibnu Hajar al-Haitami, Imam il-Taqi al-Subki, Imam al-Ramli dan lain-lain.

  1. Membaca Yasin 3 Kali

Amalan malam Nisfu Syaban selanjutnya adalah membaca surat Yasin sebanyak 3 kali. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam kitab Mujribat karangan Ad-Dairaby.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Surat Yasin dibaca 3 kali, masing-masing dengan niat:

Surat Yasin pertama untuk memohon umur yang panjang dan barakah serta ketaatan dan istiqamah kepada Allah SWT.

Surat Yasin kedua untuk memohon dijauhkan dari segala bentuk musibah, fitnah, bala, dan marabahaya secara lahir dan batin.

Surat Yasin ketiga untuk memohon kekayaan hati kepada Allah SWT, agar tidak mudah meminta selain kepada Allah, serta ditetapkan Iman Islam sampai akhir hayat.

  1. Membaca Doa Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani

Adapun bacaan doa Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani di malam nisfu syaban adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِذْ أَطْلَعْتَ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ عَلَى خَلْقِكَ، فَعُدْ عَلَيْنَا بِمَنِّكَ وَعِتْقِكَ، وَقَدِّرْ لَنَا مِنْ فََضْلِكَ، وَوَسِِّعْ رِزْقَكَ، وَاجْعَلْنَا مِمَّنْ يَقُوْمُ لَكَ فِيْهَا بِبَعْضِ حَقِّكَ. اَللَّهُمَّ مَنْ قَضَيْتَ فِيْهَا بِوَفَاتِهِ فَاقْضِ مَعَ ذَلِكَ رَحْمَتَكَ، وَمَنْ قَدَّرْتَ طُوْلَ حَيَاتِهِ فَاجْعَلْ مَعَ ذَلِكَ نِعْمَتَكَ، وَبَلِّغْنَا مَا لاَتَبْلُغُ اْلآمَالُ إِلَيْهِ يَا خَيْرَ مَنْ وَقَفَتِ اْلأَقْدَامُ بَيْنَ يَدَيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ،

وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ خَلْقِهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

  1. Membaca Tasbih Nabi Yunus

Syekh Abdul Hamid Qudus dalam kitab Kanzun Najah Was Surur mengatakan barangsiapa membaca dzikir nabi ynusu sebanyak 2375 kali di malam Nisfu Syaban akan mendapatkan perlindungan dari bala sampai tahun yang akan datang.

Adapun bacaan tasbih Nabi Yunus adalah sebagai berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

  1. Membaca Ayatul Hirsh

Ayatul Hirsh adalah ayat dari Surah at-Taubah 128-129 yang berbunyi:

ﻟَﻘَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﺳُﻮﻝٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻜُﻢْ ﻋَﺰِﻳﺰٌ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﺎ ﻋَﻨِﺘُّﻢْ ﺣَﺮِﻳﺺٌ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺭَﺀُﻭﻑٌ ﺭَﺣِﻴﻢٌ ‏( 128 ‏) ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﻮَﻟَّﻮْﺍ ﻓَﻘُﻞْ ﺣَﺴْﺒِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ ﻭَﻫُﻮَ ﺭَﺏُّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴﻢِ

Imam al-Quthb Sayyidi Abu Ali al-Ahsan al-Ba’qiliy al-Maghribiy mengatakan siapa yang membaca ayat al-Hirhs sebanyak 500 kali pada malam Nisfu Syaban, tidak akan mendapatkan pertanyaan malaikat di alam kubur.

  1. Membaca Dzikir Sholawat

Salah satu bacaan shalawat yang diwasiatkan Habib Umar bin Hafidz pada bulan Syaban yaitu:

اللهُمّٓ صَلِّ وسلِّم على سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ حَبيبِ الرَّحْمَنْ، عَدَدَ ما يَكونْ وما قَدْ كَانْ

Shalawat ini dapat dibaca dari 3000 hingga 10000 kali semampunya.

  1. Membaca Surat Ad-Dhukhan

Imam al-Saraji menyebutkan bahwa barangsiapa membaca awal surat ad-Dukhan hingga ayat ke-8 dari awal bulan Sya’ban hingga 15 Sya’ban sebanyak 30 kali, kemudian ia berdzikir dan bershalawat kepada Nabi SAW dan berdoa dengan apa yang ia kehendaki, niscaya doanya akan dikabulkan dengan segera.

  1. Berpuasa pada Siang Harinya

Tak hanya pada malam harinya, umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan amalan puasa pada siang hari Nisfu Syaban. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW berikut:

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ .

“Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah bersabda: “Apabila sampai pada malam Nisfu Sya’ban, maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena sesungguhnya Allah akan turun ke dunia pada malam tersebut sejak matahari terbenam dan Allah berfirman: “Tidak ada orang yang meminta ampun kecuali Aku akan mengampuni segala dosanya, tidak ada yang meminta rezeki melainkan Aku akan memberikannya rezeki, tidak ada yang terkena musibah atau bencana, kecuali Aku akan menghindarkannya, tidak ada yang demikian, tidak ada yang demikian, sampai terbit fajar” (HR. Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunannya hadits no: 1378).

Nah, itulah penjelasan tentang kapan Nisfu Syaban 2024 lengkap dengan keutamaan dan amalan-amalan yang dianjurkan. Semoga bermanfaat ya,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *