5 Amalan Bulan Sya’ban 2024 Yang Bisa Dilakukan Selain Puasa

Amalan Bulan Sya’ban 2024
Foto: Membaca Al-Qur'an
banner 400x400
  1. Memperbanyak Sholawat

Bulan Sya’ban disebut sebagai Syahru sholaati ‘ala Nabiyi shalallahu alaihi wassalam, yaitu bulan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Di bulan Sya’ban ini, Allah SWT menurunkan ayat yang memerintahkan untuk bersholawat dan menyampaikan salam kepada Rasulullah.

Ayat yang dimaksud yaitu Surah Al-Ahzab 56: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Mengutip situs NU, orang-orang saleh terdahulu memperbanyak membaca Al-Qur’an pada bulan Sya’ban. Kebiasaan ini kemudian diikuti oleh masyarakat sampai-sampai menamai bulan ini sebagai “bulan para pembaca Al-Quran” dan “bulan Al-Quran”.

Secara khusus, pada malam Nisfu Sya’ban biasa berkumpul di masjid atau surau selepas sholat Maghrib untuk berzikir dan membaca Yasin 3 kali secara berjemaah.

Pada setiap bacaan Yasin, terdapat permohonan berbeda yang dipanjatkan kepada Allah. Pada bacaan Yasin pertama, memohon panjang umur serta mendapat taufik untuk menjalankan ketaatan.

Bacaan Yasin kedua, memohon perlindungan diri dari mara bahaya, penyakit-penyakit dan niat melapangkan rezeki. Sedangkan ketiga untuk meraih kekayaan hati dan khusnul khatimah.

Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *