Buya Yahya: Lakukan Ini Bagi yang Sudah Telanjur Terima Politik Uang Ketika Pemilu

Telanjur Terima Politik Uang Ketika Pemilu
Buya Yahya

Hajinews.co.idHari pemungutan suara Pemilu 2024 telah berakhir hampir seminggu yang lalu.

Lalu apa jadinya jika seseorang menerima uang untuk memilih kandidat calon tertentu?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Buya Yahya melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV menjelaskan fenomena politik uang atau biasa disebut money politic yang sudah banyak digunakan oleh capres dan para caleg

“Jika Anda telanjur menerima pemberian, pemberian baik itu dari calon presiden atau calon legislatif misalnya,” kata Buya Yahya.

Untuk kasus pertama jika uang politik yang diterima, namun susah untuk mengembalikan dan sudah terpakai, maka sebaiknya lakukan tObat.

Selain itu, saat pemilu tidak boleh memilih calon legislatif yang memang tidak sesuai dengan hati.

“Jika terlanjur, mungkin Anda mengembalikannya sangat susah karena telanjur kepakai dan lain sebagainya, maka tobat Anda.

Anda harus yakin bahwa uang itu tidak membeli hati Anda, Anda tidak bercenderung pada seseorang yang sebetulnya dia tidak baik hanya karena dia memberikan uang tersebut,” sambungnya.

Lanjut Buya, yang paling penting jangan mengikat hati dan diri oleh uang politik yang telah diberikan calon legislatif.

Sebaiknya harus menjadi pribadi yang memiliki hati dan keyakinan yang merdeka tanpa paksaan dan sogokan.

Seseorang yang sudah terbeli hatinya dengan politik uang, dikhawatirkan orang tersebut akan menjadi orang yang fanatik terhadap salah satu pasangan calon (paslon), dia rela membela paslon yang tidak jelas asal muasalnya hanya karena dia telah dibayar.

“Jadi selagi anda susah untuk mengembalikannya, sudah terlanjur kepakai, maka pastikan anda tetap merdeka dan tidak boleh terbeli, anda harus hati-hati kalau sudah terbeli hati anda, nauduzbillah sehingga menjadi orang yang fanatik buta, membela yang tidak jelas hanya karena dia dibayar, membela mati matian, padahal hati kecil dia ngomong itu ga layak dibela,” timpal Buya Yahya.

Poin penting dari itu semua, Buya kembali mengingatkan, semisal mungkin jika anda bisa mengembalikan uang tersebut maka kembalikan.

Namun jika anda sudah terlanjur menerima uang politik dan menggunakannya, maka harus jadikan diri anda tetap merdeka, bebaskan dari kepentingan pribadi dan hawa nafsu.

Sehingga biarpun terlanjur anda menerima, anda tetap tidak terbeli, anda tetap istiqomah dan anda istigfar meminta ampun kepada Allah SWT.

“Yang paling penting adalah hati yang dijaga, hati anda tidak terbeli. jadi tidak boleh terpesona hanya karena pemberian,” pungkas Buya Yahya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *