Hikmah Pagi: Bersabarlah Terhadap Pemimpin Yang Dzalim

Bersabarlah Terhadap Pemimpin Yang Dzalim
Pemimpin/freepik
banner 400x400

Hajinews.co.idPemimpin yang Dzalim dan jahat adalah pemimpin yang tujuannya hanyalah kekuasaan. Tindakan mereka tidak pernah lepas dari penganiayaan dan kedzaliman, dan mereka tidak segan-segan menindas siapapun yang mencoba melemahkan kekuasaannya mereka, bahkan jika mereka melanggar hukum Syariah. Ia juga berperilaku tidak adil dalam melindungi hak-hak rakyat dan boros terhadap harta negara

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rusaknya para pemimpin.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

  1. Lemahnya pengamalan prinsip agama.
  2. Senang mengikuti hawa nafsu dan kesenangan dunia belaka.
  3. Sikap kolusi dan nepotisme yang berlebihan.
  4. Teman dan penasihat (orang kepercayaannya) yang tidak baik, atau menjadikan orang-orang kafir sebagai pembantu (kepercayaannya).
  5. Menyerahkan kekuasaan dan jabatan kepada orang-orang yang tidak berjiwa patriot dan ikhlas.
  6. Diktator dalam mengendalikan kekuasaan.
  7. Tekanan internasional terhadap para pemimpin Islam.
  8. Terpengaruh dengan sistim negara-negara kafir dan meninggalkan sistim Islam.

Barangsiapa yang tidak memiliki kemampuan untuk menasihati pemimpin yang Dzalim, maka sebaiknya berdiam diri dan bersabar, sebagaimana sabda Rasulullah , ”Barangsiapa yang mendapatkan dari pemimpin(nya) sesuatu yang tidak menyenangkan, maka hendaklah bersabar. (Karena) sesungguhnya, barangsiapa yang keluar dari pemimpin, maka meninggal dalam keadaan jahiliyah.” [HR Al Bukhari].

Abdullah Ibnu Abbas berkata, ”Pemimpin adalah ujian bagi kalian. Apabila mereka bersikap adil, maka dia mendapatkan pahala dan kamu harus bersyukur. Dan apabila dia Dzalim, maka dia mendapatkan siksa dan kamu harus bersabar.”

Imam Nawawi berkata, ”Barangsiapa yang mendiamkan kemungkaran seorang pemimpin, tidaklah dia berdosa, kecuali (jika) dia menunjukan sikap rela, setuju atau mengikuti kemungkaran itu.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *