3 Sekjen Setuju, Ganjar dan Anies Gulirkan Hak Angket DPR Untuk Membongkar Kecurangan Pemilu 2024

Ganjar dan Anies Gulirkan Hak Angket DPR
Anies dan Cak Imin

Hajinews.co.idCalon presiden Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kompak menyerukan hak Angket DPR RI mengusut kecurangan pemilu 2024.

Wacana tersebut kini bersambut oleh tiga partai pengusung calon nomor urut 1, Anies-Muhaimin, NasDem, PPP, dan PKS.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ketiga sekretaris jenderal partai tersebut baru-baru ini mengadakan pertemuan dan mengatakan kepada media bahwa mereka siap mendukung hak angket.

Ganjar dan Anies

Ganjar menginisiasi hak angket agar DPR bisa meminta pertanggungjawaban para penyelenggara Pemilu, terutama KPU dan Bawaslu..

Eks Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, meminta dua partai pengusungnya, PDIP dan PPP untuk menggulirkan hak angket.

Dilansir dari situs resmi DPR, hak angket adalah hak untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Dalam hal ini, DPR dapat memanggil pejabat negara yang mengetahui praktik kecurangan tersebut, termasuk meminta pertanggungjawaban KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) selaku penyelenggara Pemilu,” kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (19/2/2024), dikutip dari Kompas.com.

Ganjar mengajak lawannya di Pilpres 2024, kubu pasangan nomor 1 untuk turut bergabung menggulirkan hak angket.

Sebab hak angket baru bisa berjalan jika disepakati oleh 50 persen anggota DPR.

Tiga partai pengusung Anies-Muhaimin, NasDem, PKS dan PKB bisa sangat membantu memenuhi syarat itu.

Ganjar pun menyiapkan rencana cadangan, yaitu menggulirkan hak interpelasi.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” ujarnya.

Bak gayung bersambut, capres Anies Baswedan menyatakan, pihaknya siap mendukung pengguliran hak angket.

“Kami ketemu dan membahas langkah-langkah dan kami solid karena itu saya sampaikan, ketika insiatif hak angket itu dilakukan maka tiga partai ini siap ikut,” ujarnya saat ditemui di Kantor THN Anies-Muhaimin Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

3 Sekjen Sepakat

Sejalan dengan Anies, tiga partai pendukungnya menyatakan akan berada di belakang gerakan Ganjar.

Hal itu disampaikan langsung Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan Sekjen PKS Habib ABoe Bakar Alhabsyi, di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).

Hermawi mengatakan, tiga partai yang ada dipihaknya sedang menyiapkan data-data kecurangan untuk kemudian digunakan pada pengguliran hak angket.

“Kita mempersiapkan diri. Tadi tim kami sudah mempersiapkan data. Kalau ada apa-apa, nanti kita tinggal suplai. kalau perlu tim, kita kirim tim juga, tapi kita tunggu langkah selanjutnya,” kata Hermawi, dikutip dari Tribunnews.

Hermawi dan dua partai lain kini dalam posisi menunggu pergerakan PDIP sebagai partai pemilik kursi terbanyak di DPR saat ini.

“Tinggal menunggu tindak lanjutnya kawan-kawan PDIP, sebagai partai terbesar, sebagai inisiator, bagaimana tindak lanjutnya,” jelasnya.

Hermawi pun meminta ketika hak angket benar-benar diusulkan ke DPR, maka Koalisi Perubahan berharap adanya kesetaraan antar partai.

“Dalam kebersamaan itu, kita inginkan ada kesederajatan, ada saling menghormati, menghargai, dan kesamaan equal. Itu yang kami inginkan kalau kita sama-sama PDIP dan PPP kalau sama-sama menggulirkan hak angket,” tuturnya.

Hermawi menegaskan, kesediaan partai penggawa Timnas AMIN bergabung bersama PDIP dan PPP adalah demi terwujudnya kebenaran Pemilu 2024.

“Kita inginkan kebenaran. Kami bersekutu dengan siapapun di republik ini yang mempunyai itikad baik untuk menegakan kebenaran dan keadilan demi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar