Kultum 373: Global Warming Merusak Lebih Cepat dari Estimasi (5)

pemanasan global
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Terlepas dari itu semua, kita perlu kembali lagi pada realita bahwa gelombang panas dan banjir adalah akibat ulah tangan manusia secara keseluruhan. Kerusakan demikian inilah yang tampaknya diperingatkan Allah Subhanahu wata’ala dalam firman-Nya,

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى

عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya:

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (dampak) perbuatan mereka. Semoga mereka kembali ke jalan yang benar (QS. Ar-Rum, ayat 41).

Bahkan bagi COP yang bekerja khusus dalam hal demikian, kita juga telah mendapat bimbingan dari Allah Subhanahu wata’ala dengan firman-Nya,

وَلَا تُفۡسِدُوۡا فِى الۡاَرۡضِ بَعۡدَ

اِصۡلَاحِهَا وَادۡعُوۡهُ خَوۡفًا وَّطَمَعًا‌ ؕ

اِنَّ رَحۡمَتَ اللّٰهِ قَرِيۡبٌ مِّنَ الۡمُحۡسِنِيۡنَ

Artinya:

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan (QS. Al-A’raf, ayat 56).

Dari dua ayat di atas, kita bisa paham bahwa jauh sebelum tejadi, Allah Subhanahu wata’ala telah mewanti-wanti agar kita memelihara bumi yang kita tinggali ini dengan penuh perhatian. Namun manusia memang sungguh serakah. Mereka tidak menyadari bahwa keserakahan itu mengakibatkan kerusakan. Setidaknya, keserakahan itulah yang mempercepat berbagai bencana di bumi ini. Padahal, hal itulah yang tidak disukai oeh Allah Subhanahau wata’ala, sebagaimana firman-Nya,

وَيَسۡعَوۡنَ فِى الۡاَرۡضِ فَسَادًا‌ ؕ

وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ الۡمُفۡسِدِيۡنَ

Artinya:

Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan (QS. Al-Maidah, ayat 64). Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita bersyukur atas hidayah Allah Subhanahu wata’ala, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *