Hikmah Malam: Bolehkah Memakai Celana Pendek Ke Kuburan? Berikut Penjelasannya

Memakai Celana Pendek Ke Kuburan
Foto: ziarah kubur/detik
banner 400x400

Hajinews.co.idBerziarah ke makam merupakan tradisi yang sering dilakukan umat Islam. Dalam Islam, ziarah kubur berarti berziarah ke kuburan orang yang sudah meninggal untuk mendoakannya dan memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosanya.

Berziarah ke makam juga bisa menjadi pengingat bahwa kematian pasti menimpa setiap orang. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjalani kehidupan yang beramal shaleh dan mempersiapkan akhirat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ziarah kubur biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti menjelang Ramadhan dan hari raya. Namun sebenarnya ziarah ke makam bisa dilakukan kapan saja.

Terkait ziarah kubur, terdapat pertanyaan di kalangan umat Islam mengenai penggunaan celana pendek saat ziarah kubur. Pasalnya, sebagian orang lebih memilih menggunakan celana dalam aktivitas sehari-hari. Jadi bolehkah memakai celana pendek ke kuburan?

Hukum Memakai Celana Pendek ke Kuburan

Dikutip dari buku Adab Berziarah Kubur Untuk Wanita oleh Mutmainah Afra Rabbani, ketika berziarah kubur hendaknya kaum wanita tetap memakai pakaian yang menutup aurat yang sesuai aturan syar’i.

Kita harus mengikuti adab-adab yang baik dalam melakukan suatu kegiatan, termasuk berziarah kubur. Umat Islam, baik wanita maupun pria sebaiknya tidak memakai celana pendek ke kuburan untuk menerapkan adab berziarah yang baik.

Menutup aurat dan berpakaian sopan merupakan salah satu adab yang harus dipenuhi jika ingin ziarah kubur. Seorang laki-laki yang memakai celana pendek di atas lutut berarti sudah membuka auratnya. Seorang perempuan yang memakai celana pendek sudah jelas tidak menutup auratnya dan tidak diperkenankan untuk berziarah kubur.

Mengunjungi kuburan merupakan bentuk penghormatan kepada yang meninggal dan keluarganya. Sebaiknya berpakaian yang sopan dan tertutup sebagai bentuk penghormatan tersebut. Memakai celana pendek mungkin dianggap kurang sopan oleh sebagian orang.

Adab Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan kegiatan untuk mendoakan seseorang yang sudah meninggal yang tentunya harus dilakukan dengan memperhatikan adab-adab yang baik. Selain menutup aurat, terdapat berbagai adab yang mesti diperhatikan. Mengutip Buku Pintar 50 Adab Islam karya Arfiani, berikut ini adalah adab ziarah kubur yang perlu diperhatikan.

  1. Mendoakan Mayat

Tujuan utama ziarah kubur adalah untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia. Doa yang diucapkan seharusnya datang dari hati yang tulus dan ikhlas, memohon ampunan dan kasih sayang Allah SWT bagi mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *