Hikmah Malam: Bolehkah Memakai Celana Pendek Ke Kuburan? Berikut Penjelasannya

Memakai Celana Pendek Ke Kuburan
Foto: ziarah kubur/detik
banner 400x400

Mengucapkan doa dengan sungguh-sungguh dan tanpa pamrih adalah kunci utama dalam berziarah kubur. Kita berharap kepada Allah SWT agar Dia mengampuni dosa-dosa mereka, memberkahi kuburan mereka, dan menerima mereka di surga-Nya.

  1. Mengucapkan Salam

Ketika memasuki lokasi pemakaman, dianjurkan untuk kita menyampaikan salam kepada penghuni kubur. Tindakan ini adalah wujud penghargaan dan doa bagi mereka.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Berikut ini adalah salam yang bisa diucapkan:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullah hal ‘adzim alladzi la ilahailla huwalhayyul qoyyumu wa atubu ilaihi.”

Artinya: “Hamba mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepadaNya.”

  1. Membaca Surah Pendek

Saat berziarah kubur, kita dapat membaca surah-surah pendek seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Membaca surat-surat pendek ini juga bermanfaat sebagai doa bagi orang yang telah meninggal dunia.

  1. Tidak Menangis Berlebihan

Dalam agama Islam, disarankan untuk tidak melampaui batas dalam segala hal. Saat melakukan ziarah, sebaiknya kita tidak terlalu larut dalam tangisan yang berlebihan.

  1. Tidak Duduk atau Menginjak Kuburan

Tindakan duduk atau menginjak kuburan dianggap tidak pantas dan tidak menghormati orang yang telah meninggal. Lebih baik berdiri di tempat yang telah disediakan dan mendoakannya dengan tulus.

  1. Menyiramkan Air di atas Pusara

Rasulullah SAW juga melakukan praktik menyiramkan air di atas pusara kuburan. Diriwayatkan dalam hadits dari Ja’far dan ayahnya berkata bahwa, “Sesungguhnya Nabi Muhammad menyiram air di atas kuburan Ibrahim anaknya dan, ia juga meletakkan kerikil di atasnya.” (HR. Baihaqi).

Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *