Minum Susu Terlalu Banyak Akan Berdampak Buruk Pada Tubuh

Minum Susu Terlalu Banyak
ilustrasi: Minum Susu/pexel
banner 400x400

Hajinews.co.idMinum susu secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun bagaimana jika Anda sering minum susu?

Susu mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Segelas susu rata-rata mengandung 122 kalori, 8 gram protein, 12 gram karbohidrat dan nutrisi penting lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi susu dapat menunjang kesehatan tubuh. Namun, penting untuk membatasi asupannya karena ada risiko penyakit lain. Dalam Eating Well (09/05/23) ulasannya bisa Anda temukan di sini:

  1. Bagus untuk kesehatan tulang

Susu tidak hanya sumber protein yang baik, tetapi juga sumber kalsium dan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang. Karenanya susu bagus untuk masa pertumbuhan.

Kalsium adalah jenis mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang. Sementara vitamin D-nya berperan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa rutin minum susu dapat membantu menurunkan badan atau mempertahankan berat badan. Ini karena susu mengandung kombinasi nutrisi yang baik.

Mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak yang memberikan rasa kenyang. Kondisi ini akan mendorong kamu untuk tidak ngemil makanan yang tidak sehat.

Manfaat susu tersebut telah ditemukan oleh Studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients. Namun, peneliti menyarankan untuk tetap membatasi kalori.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian yang menganalisis hampir 600.000 orang menemukan bahwa rutin minum susu dapat menurunkan risiko diabetes tipe II.

Menurut peneliti Dr Annlisa Giosu dari Universitas Naples Federico, susu kaya akan nutrisi, termasuk vitamin dan senyawa bioaktif lainnya.

Nutrisi dalam susu tersebut dapat mempengaruhi metabolisme glukosa, sebagai pemrosesan gula oleh tubuh. Peneliti juga menyarankan untuk batasi penggunaan gula pada susu.

  1. Menurunkan penyakit Alzheimer

Sebuah studi (2021) yang diterbitkan di Nutrisi & Metabolisme menemukan korelasi antara rutin minum susu dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Manfaat tersebut akan dirasakan khususnya pada orang yang memasuki usia lanjut. Menurut peneliti, susu mengandung antioksidan yang disebut glutathione.

Senyawa tersebut dapat melindungi otak dari serangan reactive oxygen species dan radikal bebas yang dapat merusak sel otak.

  1. Meningkatkan risiko kanker

Namun sayang, minum susu juga bisa menyebabkan efek samping, jika diminum berlebihan. Salah satunya dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

Hal tersebut ditemukan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrisi & Metabolisme. Menurut peneliti, asupan susu yang tinggi dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Itu karena tingginya kandungan kalsium yang bisa menurunkan hormon penting yang berfungsi melindungi pria dari sel kanker prostat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *